Pager Gunung Desa di atas Awan

Penulis berkesempatan melakukan perjalanan Desa Pager Gunung Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung, desa ini mempunyai ketinggian Elevasi 1300 m dari permukaan laut, merupakan salah satu desa yang berada di puncak gunung Sumbing Jawa Tengah.

Dari namanya Pager Gunung dalam bahasa jawa berarti pagarnya gunung sumbing. keindahan kota dapat dilihat dari desa ini.

Perjalanan di atas awan
Hamparan Pohon Tembakau berkualitas di Temanggung

Tembakau kualitas super yang sering di sebut srintil dapat di lihat disini, prioritas masarakat di desa ini adalah menanam tembakau tiap tahunnya. perjalanan di bulan agustus ini penulis melihat beribu ribu hektar tanaman tembakau di wilayah lereng gunung sumbing ini.

tembakau temanggung
tembakau temanggung

Bulu-20140811-01544

Bulu-20140811-01543
Negeri Tembakau

Bulu-20140811-01542

Perjalanan di atas awan
Perjalanan di atas awan

Bulu-20140811-01547

hutan lindung di atas desa pager gunung masih di rawat dengan baik, disini masih banyak tanaman asli temanggung seperti pohon walitis dan lain-lain.

Pohon Walitis
Pohon Walitis

ada pertapaan yang masih terawat rapi dalam hutan ini dan merupakan sejarah dari berdirinya desa pagergunung. untuk acara penting seperti tahun baru islam masyarakat desa berkumpul disini untuk berdoa dan makan tumpengan dalan adat jawa.

tempat pertapaan di pager gunung
tempat petilasan Plebengandi pager gunung

Warga desa memiliki tradisi khas “Wilujengan”, yakni ziarah dan tahlil ke makam para sahabat Ki Ageng Makukuhan di petilasan Plebengan, yang terletak 1,5 m dari dusun Cepit Desa Pager Gunung. Tradisi ini dilaksanakan setiap tanggal 21 Ramadhan.

Pohon tak bernama, kata pak kades dari dulu ukuran pohon ini tidak berubah

Perjalanan dari kota temanggung sampai tempat ini tidak sampai satu jam, yuk jalan jalan

Leave a comment