Pengalaman Baru kali ini penulis membayar tagian listrik di kantor cabang PLN Temanggung.
biasanya bayar di koperasi di daerah kebonsari, karena telat bayar hehe 🙂
saat masuk ada perasaan ngga enak karena bukan warga negara yang baik, bayar listrik tidak tepat waktu.
tetapi saat masuk langsung nyes karena ac-nya dingin banget, setelah maju ke teller, kasih rekening bulan lalu.
yang membuatku aneh ada LCD monitor di atas meja kasir yang menghadap ke konsumen tepat di hadapanku ngga tanggung-tanggung 17 inc, jadi aku bisa melihat dengan jelas apa yang dilakukan teller, bingung juga sih pertamanya kok LCD monitor-nya ada dua.
setelah aku mencermati PLN ingin pelayanan secara transparan biar 1 sen rupiah bisa di lihat dengan jelas.
ku alihkan pandanganku kesamping kanan ada TV LCD gede banget yang membuat pandangan jadi bening jadi ingat kayak di loby hotel berbintang heheh.
pelayanan cepat itu yang sangat aku rasakan ngga ada 10 menit udah keluar, kelihatannya komputernya online dan katanya pembayaran bisa di lakukan dimanapun di semua kantor PLN di indonesia karena kita mempunya PIN yang tertulis di kuitansi pembayaran.
semoga pelayanan pada pemerintahan kabupaten temanggung juga bisa mencontoh PLN Cabang Temanggung dalam hal pelayanan.

Advertisements

Membangun Pasar Legi Parakan

November 18, 2008

Melihat pemandangan pasar Legi parakan apa yang anda bayangkan ?
Macet, Kumuh, Parkir Dokar yang menghabiskan badan jalan, Ngga ideal karena di Tengah Kota Parakan dan banyak lagi opini tidak menariknya tentang Pasar Legi Parakan kini.
Permasalahan pasar selalu itu dan itu, sebenarnya idealnya Pasar Modern itu seperti apa?
Kalau Kita amati pasar Legi parakan mermasalahan utama adalah lahan parkir yang menghabiskan badan jalan dan adanya terminal bayangan yang mengganggu lalu lintas jalan.
Arus lalu lintas dari pantauan penulis pada jam sibuk pukul 6.30 WIB – 17.00 WIB kemacetan terjadi di sekitar pasar dan setelah 17.00 WIB – 24.00 WIB Arus lalu lintas berjalan normal, Karena disebabkan aktifitas pengunjung pasar berkurang .
Area pasar sudah terkesan kumuh karena bangunan pasar yang lama dan kios yang semi permanen menjadikan pasar Legi parakan harus segera di benahi dengan perencanaan yang lebih modern.
PEMBANGUNAN KEDEPAN
1. Membenahi kemacetan dengan membuat Parking Ground, Transit Area buat angkutan di lantai bawah bangunan Pasar. Dari pantauan penulis pembangunan Pasar di Kabupaten Temanggung Lahan Parkir selalu terlupakan dengan lahan parkir yang sedikit, mengkibatkan kemacetan dan kesemrawutan jalan.
Lahan parkir adalah keuntungan yang terlupakan. Kalau di kelola dengan baik dan benar Pemerintah Kabupaten Temanggung akan mendapatkan pendapatan APBD yang cukup Besar.
Estimasi lahan Parkir Pasar Legi
Roda empat 500 x RP.1000 Karcis = Rp.500.000
Roda dua 1.000 x Rp.500 Karcis = Rp.500.000
Dalam 1 hari Rp.1.000.000,- dalam satu bulan Rp.30.000.000,- dan dalam satu tahun Rp.360.000.000,- dalam 5 atau 10 tahun bisa anda kalikan saja.
2. Pembangunan Pasar Legi Parakan dibuat Bertingkat karena lahan yang sempit atau pindah tempat baru untuk area yang lebih luas di pinggir kota.
3. Pembangunan Los pasar yang sesuai agar memudahkan pengunjung dalam berbelanja (Contoh: lantai Dasar untuk parkir Lantai 1 Untuk Los Daging, sayuran, buah- buahan dan hasil bumi Lantai 2 Los klontong dan Pakaian, Lantai 3 untuk pujasera dan tempat hiburan)
4. Pembangunan Jalan akses pengunjung antara los yang lebih lebar karena menambah kenyamanan pengunjung. Dan khusus pasar Legi bisa di buat beberapa titik pintu utama karena jalan Raya yang mendukung.
5. Pembangunan Depo sampah yang modern, Sanitasi, peralatan kebakaran,Ventilasi, pencahayaan yang biasanya dibangun asal-asalan akan membuat sebuat pasar terlihat kumuh , berbahaya dan mudah terbakar.
Pengelolaan adalah faktor utama dalam pasar Modern, pembangunan Pasar Legi Parakan adalah wajah kota parakan. Dengan bangunan yang berseni arsitektur Temanggung akan lebih menarik pengunjung dalam dan luar daerah. Pembangunan pasar jangan di lihat hanya dalam segi keuntungan jangka pendek, karena kita bukan membangunan Mall atau Superstore, Tetapi tempat di mana hasil bumi temanggung bisa dijual disana ada pertukaran barang dan uang dan nilai budaya didalamnya.

Hari Pahlawan

November 9, 2008

makam-pahlawan

10 Nopember adalah merupakan Hari Pahlawan, Hari di mana kita mengenang kembali perjuangan anak bangsa untuk mendapatkan kemerdekaan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.
mereka memberikan bukan hanya tenaga tetapi nyawa sekalipun di persembahkan untuk Indonesia.

Temanggung mempunyai salah satu tokoh penggerak para pejuang pada masa itu adalah KH Subchi dari kampung kauman Parakan. dengan menggunakan bambu runcing melawan penjajahan Jepang sebelum kemerdekaan RI di daerah Kabupaten Temanggung (Jawa Tengah) dan penjajahan Belanda setelah Kemerdekaan (1945 – 1948) di daerah Ambarawa dan wilayah lainnya.

Pariwisata di Temanggung

September 17, 2008

Temanggung sebenarnya mempunyai kawasan yang potensial menjadi tempat industri wisata yang bisa di perhitungkan. Banyak titik yang potensial yang sudah ada seperti Kawasan Pingit, Kledung, Jumprit, Pikatan dan masih banyak tempat lain yang seharusnya bisa menjadi pendapatan daerah di sektor wisata. Tempat-tempat itu bukan tidak pernah di perbincangkan di tingkat elit oleh pemerintah Kabupaten Temanggung tapi sudah menjadi prioritas Pembangunan Kabupaten Temanggung. Tapi kenapa kawasan itu tidak menjadi berkembang dan tidak ada hasil berupa naiknya pendapatan dari sektor wisata. Input dan output yang didapat tidak sama. Adakah kesalahan dalam perencanaan dan pembangunan di Temanggung ? Jawabanya mungkin tidak. Kalau kita lihat pembangunan di Kabupaten Temanggung seperti Wisata Pingit yang sekarang menjadi monumen dan terbengkalai. Atau Kolam Renang Pikatan yang hanya DED perencanaan tanpa ada pelaksanaan dalam setiap tahunnya. Berapa jutaan rupiah yang telah kita keluarkan?
Menciptakankan Kawasan Wisata Bukan Suatu hal yang mudah selain ada Icon history wisata itu sendiri tetapi juga Kawasan Itu memang mempunyai nilai jual tinggi dan pasti Anggaran yang besar untuk Pembangunan Kawasan Wisata. Bappeda Kabupaten Temanggung merupakan Badan Perencanaan Daerah yang harus bisa melaksanakan Pekerjaan Besar ini dan Dinas yang terkait lainnya.
Mendatangkan Investor bukan hal yang mudah untuk mau beresiko dengan pekerjaan besar ini banyak tempat lain di Jawa Tengah dan lebih menjanjikan. Seharusnya kita sendiri mencoba mengembangkan dengan Anggaran APBD Temanggung yang terbatas. Pembangunan yang berkelanjutan adalah solusinya. Jangan membangun setengah –setengah dan selanjutnya berhenti. Perencanaan yang sudah baik akan bubar jalan, yang terjadi adalah mulai dari nol lagi, dan Bapak Dewan yang terhormat dan Bapak Bupati Temanggung harus optimis demi kemajuan Kabupaten Temanggung
Kita bisa menghitung keuntungan obyek wisata yang sudah berkembang dengan pendapatan puluhan juta rupiah setiap harinya bayangkan pengunjung mau membayar Rp.25.000,- sampai Rp.100.000,- untuk tiket masuk wisata. Apakah mereka dirugikan? Tidak dengan fasilitas yang ada mereka mengatakan puas. Fasilitas itu merupakan bagian yang dalam pembangunan tempat wisata. Saya ambil contoh Tempat wisata di Purbalingga coba anda bayangkan Kolam renang saja sudah ada Fasilitas Hotspot Internet gratis. Itu mungkin tidak terpikirkan tapi dalam wisata keluarga itu ada nilai Plus.
Kita bisa menghitung berapa perencanaan dan pembangunan untuk menciptakan Tempat wisata tersebut dan semua fasilitasnya. Kalau kita bisa menciptakan suatu Kawasan Wisata yang diperhitungkan maka Investor akan sendirinya datang ke Kabupaten Temanggung.
Dari pengamatan penulis sektor wisata adalah sektor kedua selain pertanian yang paling bisa kita kembangkan.
Bagaimana Pak?

E-goverment di Temanggung ?

September 17, 2008

Dengan semakin majunya perkembangan di era Platinum ini Pemerintahan Kabupaten Temanggung harus bisa menjembatani Komunikasi dan Informasi di Kabupaten Temanggung Jawa Tengah.
Internet bukan hal yang mahal kalau di bandingkan dengan output yang kita dapatkan. Membangun infrastruktur untuk mendapatkan semua fasilitas dengan Cost yang murah dalam hal ini sangat mudah. APBD Kabupaten Temanggung tidak akan habis dalam pembangunan Jaringan infrastruktur Internet karena kita bisa melakukan secara bertahap sesuai Anggaran yang didapatkan.
Jardiknas Temanggung bisa kita ambil contoh baik tentang pembangunan infrastruktur Internet di kabupaten Temanggung dalam fungsinya untuk mengenalkan internet pada para murid dan guru di sekolah-sekolah Temanggung. Kelemahan dari Jardiknas temanggung adalah bandwidth yang di alokasikan belum mencukupi untuk semua client. istilah mudahnya buat sekolah di seluruh kabupaten Temanggung belum mencukupi.
Seharusnya Pemerintah Kabupaten Temanggung dan Bapak Bupati Temanggung bisa menjembatani hal ini dimana Pembangunan di Bidang Informasi dan Komunikasi adalah harga mati untuk kemajuan Kabupaten Temanggung di masa kini dan akan datang.
Kalau tidak sekarang kapan kita akan melakukang e-goverment di Pemerintah Kabupaten Temanggung karena satu atau dua tahun lagi kalau kita menganggap ini hanya sebagai wacana dan pekerjaan yang tertunda maka Kabupaten Lainya di Jawa Tengah akan mengatakan mereka sebagai pelopor e-goverment dan sudah merasakan hasilnya.
Contoh Kasus tentang hasil yang akan kita dapatkan :
Dalam hal telpon berapa biaya yang kita keluarkan untuk melakukan biaya telepon antar instansi di setiap Dinas dan Kantor di Kabupaten Temanggung. Dengan Voip kita bisa menghilangkan biaya telepon menjadi Rp.0,- (nol rupiah) dan kemudahan ini bisa digunakan oleh siapa saja karena menggunakan perangkat Telepon bisa.
Akses Internet Rp.0,- (nol rupiah) pada Dinas dan Kantor diseluruh kabupaten Temanggung karena secara bertahap kita bisa membangun jaringan yang terhubung pada server Pemerintah Kabupaten Temanggung yang bisa di pusatkan di Setda Temanggung. Istilah mudahnya bayar satu gratis untuk yang lainya dengan berlangganan jalur fiber optic kita akan mendapatkan internet kecepatan tinggi dan hal itu sekarang bukan harga mahal.
Mengurangi biaya kertas dalam pelaporan antar Dinas di kabupaten Temanggung. Dengan email surat menyurat dan Faxsimile menjadi cepat dengan hitungan detik surat sudah terkirim dan bisa di tindak lanjuti.
Memudahkan informasi dan Komunikasi kepada masyarakat. Selama yang penulis amati website resmi Kabupaten Temanggung hanya memberi informasi dan tidak menerima komunikasi dari Masyarakat Temanggung. Kesalahannya karena tidak onlinenya Dinas Terkait yang membidanginya jadi kurang ada tanggapan.
Dengan database semua data bisa bisa di akses oleh instansi yang terkait dalam berbagai macam pekerjaan semisal pembuatan KTP (Capil sudah melaksanakan), IMB , IUJK dan berbagai macam perijinan bisa saling terkait antara kecamatan dengan Dinas yang membidangi. (dalam Perbankkan hal ini sudah biasa)
Sumber daya manusia, itu bukan perkara sulit karena di jajaran PNS Kabupaten Temanggung sudah banyak yang mengerti tentang Komputer dan Jaringan tinggal kita memberikan kursus sesuai bidangnya dan penggunaannya. Jasa Konsultasi di bidang IT bisa kita gunakan pada Tahun pertama dan tahun kedua kita sudah punya PNS di bidang Programer dan Admin IT yang bersertifikat.
Tidak ada kata Human error karena dengan Kepintaran buatan membuat Aplikasi pelaporan bisa di buat dengan Programer dari Jajaran PNS Kabupaten Temanggung sendiri. Dan pembayaran Pajak lewat rekening Pemerintah Kabupaten Temanggung bisa dilakukan masyarakat lewat warnet atau Internet di Hotspot dan Handpone.
Hal diatas adalah sebagian kecil dari banyaknya fasilitas yang kita dapatkan dengan adanya e-government di pemerintah daerah.
Semoga dengan tulisan ini menjadi percepatan e-goverment di Kabupaten Temanggung.