Gunung Sumbing Song

August 25, 2009

Lagu keroncong ini saya saya dengarkan waktu berkunjung di blognya mas wiwied dan langsung tertarik untuk mendengarkannya.
midi lagunya dalam genre musik jazzcong alias keroncong yang dicampur dengan sedikit irama nge jazz, meskipun tetap saja langgam jawa…. kata mas wiwied dalam blognya.
untuk kadang temanggung di perantauan lagu ini mungkin terasa ada di rumah di temanggung yang adem ayem lan tentrem.

GUNUNG SUMBING (Kroncong)

Tansah eling mring endahe (selalu ingat dengan keindahannya)
Gunung Sumbing iku sejatine (Ingat terhadap Gunung Sumbing)
udyana witing cemara (lautan pohon cemara)
sinorot cahyaning bagaskara (dibalut indahnya sinar mentari)
kuncara aruming srinthil (aroma tembakau srinthil yang kuat) {Srinthil = tembakau dgn kualitas nomor 1}
dadi pangupajiwaning warga (menjadi sumber penghidupan bagi warga)
Citra samodra kencana (Seperti lautan emas)
Sanggraha welas asihing Sang Hyang Widhi (Simbol Pemberian Tuhan yang maha belas kasih)

Reff :

Gunung Sumbing Gunung Sumbing Kang Sumbaga (gunung sumbing yang tinggi/gagah)
saiki tansaya brastha (sekarang semakin rusak)
lelakune Manungsa Kang Cidra (Kisah laku manusia yang lupa berterimakasih thd pemberian Tuhan)
Para kadang kang prasojo (Mari semua Saudaraku)
Mugi gusti paring pangapura (Semoga Tuhan Memberi pengampunan)
Taruna Wredha manunggal (Tua muda bersatulah)
njogo Sumbing kawentar sasmita (menjaga tanda2 kemakmuran gunung sumbing)


MENDENGARKAN LAGU INI

infohttp://maswiwied.blogdetik.com/2009/01/21/gunung-sumbing/

3 Responses to “Gunung Sumbing Song”

  1. Aul Says:

    Gek ngerti nek ono lagu ngene..

  2. zuniyanto Says:

    lagunya enak ,dan jangan hanya nyanyisaja ,dan petak umpet tiap hari, ya g ada persatuan untuk menjaga sumbing ,terutama hutannya ,konservasinya , coba mencoba untuk menyatukan aja kami dah di kira ingin yang enggak2,negative thingking , kami cuma mau peduli dengan alam kami ,kok di kiranya mo profokasi ( ya dech kami ngalah , apa kami jadi profokasi sekalian aja , biar hancur2 hancur sekalian dech ,kami menang lapangan ) lingkungan hidup di sumbing sangat menawan , kami dah buktikan sendiri aneka ragam hayati sumbing yang menjubkan ,tapi sayang dengan proposal kami g bisa minta dukungan, dintan bunhut aja mo kasih bibit kayu itu katanya sumbangan dari pengelola kayu, mana nich pemerintah temanggung ,BLH nya Bupatinya , biar lereng di wilayah temanggung g kelihatan rusak seperti ini pak, kami cuma minta Fasilitasi kami , dan bimbing kami , kami solidaritas pak.

  3. zuniyanto Says:

    MELESTARiKAn SUMBING DAN SINDORO
    KALAU HANYA KAMI jelas KAMI TIDAK AKAN MAMPU mendigan di cabut dan di kremasi aja pak,
    larangan itu ga penting ,kalah sama Salam tempel , kepada para seragam warna, warni thu lho….., kasihan ya lingkungan kita , lagu di atas benar , apalagi bait2 terahir
    setuju banget thu , cuma apa ga bisa di cegah dari sekarang , tegas dikit dong AHHH, kasihan kalau saya mengingat sotpol PP jadi sepeti enggak ada khrismanya ,…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: