SMAN 1 Temanggung Dapat Nilai UN 10

June 14, 2009

SMAN 1 Temanggung patut berbangga karena tujuh orang siswa sekolah tersebut berhasil mendapatkan angka sempurna, yakni 10, dalam Ujian Nasional (UN) yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Pada tahun ini, sekolah tersebut meluluskan 100% siswanya peserta UN, nilai rata-rata yang diperoleh mereka juga mengalami peningkatan dibandingkan ketika UN tahun 2008 lalu. Tujuh siswa yang mendapatkan nilai 10, sebanyak 6 dari kelas jurusan IPA dan satu dari IPS. Seorang siswa, Anwar Tri Anafi (jurusan IPA), mendapatkan nilai 10 di dua mata pelajaran, Matematika dan Fisika. Sedangkan siswa lain yang mendapatkan nilai 10 di pelajaran Matematika adalah, Radian Sigit dan Fathonatu (keduanya kelas IPA), dan Henti Kuspriyani (kelas IPS).

Untuk pelajaran Fisika, selain Anwar, yang juga memeroleh nilai sempurna adalah Dewi Citra. Adapun seorang lagi yang mendapatkan nilai 10 adalah, Rahman Nur K. Siswa dari kelas jurusan IPA tersebut, mampu memberikan jawaban yang benar semua dalam pelajaran Kimia. ”Dibandingkan dengan tahun lalu, siswa yang mendapatkan nilai 10 saat ini bertambah 5 anak, karena pada UN lalu, hanya 2 siswa yang mendapatkannya,” kata Kepala Sekolah SMAN 1, Basuki di kantornya.

Dia juga memberitahukan, untuk nilai UN tertinggi di kelas IPA diraih oleh Anwar Tri Anafi dengan jumlah 54,95. Selain Anwar terdapat, 3 orang lagi yang juga mendapatkan nilai 54, namun angka dibelakang komanya lebih kecil. Sedangkan untuk kelas IPS angka tertinggi diraih Hafiz Yossi (53,20), dan kelas bahasa, nilai tertinggi diraih Sisca Dwi A (46,25).

Dari para peraih nilai tertinggi UN tersebut, hanya Sisca Dwi A, yang juga menjadi peraih angka tertinggi untuk gabungan UN, ujian praktek dan ujian sekolah. Di jurusan bahasa, Sisca meraih nilai tertinggi yakni 176,64. Sedangkan di kelas IPA yang tertinggi nilainya dalah Bobby Rio (202,16) dan di kelas IPS diraih Letsa Soraya dengan jumlah total 167,80.

Pada UN kali ini, nilai rata-rata siswa jurusan IPA adalah 46,45 atau 7,8 tiap pelajaran, jurusan IPS 47,75 atau 7,9 tiap pelajaran, dan jurusan bahasa nilai tertingginya 42,88 atau 7,1 tiap mata pelajaran. Dibanding UN tahun lalu nilai rata-rata kali ini meningkat, karena tahun lalu nilai rata-ratanya siswa adalah sekitar 6,5 untuk tiap mata pelajaran.

”Mungkin karena saat ini merupakan UN tahun kedua yang mengujikan 6 mata pelajaran dari sebelumnya yang hanya ada 3 pelajaran. Jadi, sudah berpengalaman. Sehingga persiapan maupun strategi untuk menghadapi UN pada 3 mata pelajaran baru itu sudah lebih baik,” tuturnya.

Dia juga mengakui, sebetulnya ada seorang siswa yang tidak dapat ikut UN kali dikarenakan sakit yang tak kunjung sembuh. Namun, karena sejak awal dia sudah tidak mengikuti UN, maka dalam persentase kelulusan dia tidak ikut dihitung sebagai peserta yang tidak lulus UN

info suaramerdeka.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: