Hasil Rekapitulasi KPU Temanggung

April 28, 2009

tanggal 16 April 2009 sampai dengan 18 April 2009 bertempat di Pendopo Pengayoman, Rapat Pleno Terbuka Dalam Rangka Rekapitulasi Penghitungan Suara ditutup oleh Drs, Sujatmiko selaku Ketua KPU tepat pukul 17.00 Wib.
Ketua KPU Temanggung, Drs. Sujatmiko memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh penyelenggara dari KPPS, PPS dan PPK atas kerja keras selama melaksanakan Pemilu 9 April 2009 di mana telah menunjukkan dedikasinya dengan bekerja secara terus menerus Demikian pula, ketika proses rekapitulasi di PPK semua penyelenggara telah bekerja secara maraton yang dimulai dari pagi dan berakhir sampai dengan pagi dinihari lagi hari berikutnya. Tanpa kerja keras dari mereka, Pemilu kali ini tidak akan berlangsung dengan sukses
Dari penghitungan akhir sementara sebanyak sepuluh partai mendapatkan kursi DPRD yang berjumlah 45 kursi yakni
Partai Hanura 3 kursi, Partai Gerindra 3 kursi, Partai PKS 1 kursi, Partai PAN 7 kursi, PartaiPKB 6 kursi, Partai Golkar 6 kursi, PPP 5 kursi, PDIP 7 kursi, Demokrat 5 kursi dan PKNU 2 kursi.
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berhasil unggul dengan jumlah 64.233 suara urutan nomor dua diperoleh Partai Golkar dengan 49.540 suara. Sedangkan PAN diurutan nomor tiga dengan perolehan 48.819 suara namun perolehan kursinya lebih banyak dari Partai Golkar yaitu 7 kursi. Perolehan suara lainnya Partai Demokrat 42.448 suara, PPP 41.528 suara, PKB 41.243 suara, PKNU 25.141 suara, Hanura 23.921 suara, PKS 21.457 suara dan Gerindra 19.020 suara.
Persaingan ketat terjadi di Daerah Pemilihan (Dapel) 1 untuk Kecamatan Temanggung, Tembarak, Selopampang, dan Tlogomulyo. Sembilan kursi dibagi habis oleh sembilan partai kecuali Partai Hanura. Sedangkan di Dapel 2 dan 3, PAN memperoleh masing-masing dua kursi. PDIP memperoleh dua kursi di Dapel 2 dan Demokrat memperoleh dua kursi di Dapel 4.
Jika dibandingkan dengan perolehan jumlah kursi pada pemilu tahun 2004, maka Partai Golkar kehilangan 5 kursi, PDIP kehilangan 2 kursi, PPP kehilangan 1 kursi, PKS kehilangan 3 kursi. Dua partai yakni PAN menambah 2 kursi dan Demokrat menambah 4 kursi. Sedangkan PKB tetap pada 6 kursi. Tiga Partai baru akan memperoleh kursi di DPRD yakni Partai Hanura, Partai Gerindra dan PKNU.
Menurut Sekretaris KPUD Temanggung, Drs. Witarso SP, penghitungan sebelumnya telah dilakukan di masing-masing PPK selama 5 hari. Selanjutnya hasil rekapitulasi di PPK dilanjutkan di tingkat KPU yang berakhir pada tanggal 18 April lalu. Selama penghitungan tidak ada kendala yang berarti yang ditunjukkan dengan ditandatanganinya hasil rekapitulasi oleh semua saksi-saksi dari partai politik.

info kputemanggung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: