Parakan Temanggung

December 30, 2008

Parakan adalah Kota Kecamatan dari kabupaten Temanggung Provinsi Jawa Tengah .
Kota ini kota terbesar kedua di Kabupaten kabupaten Temanggung setelah Kecamatan Temanggung.
Parakan adalah kota perdagangan yang menarik di bandingkan kota-kota lain di jawa tengah.
Kota tembakau karena pada musim panen tembakau ada banyak pedagang tembakau yang meramaikan kota parakan
dari hilir mudik penjual keranjang tembakau sampai kegiatan kuli angkut tembakau untuk di masukan ke gudang tembakau yang berada di dalam kota dan sekitar kota parakan .
perdagangan di kota ini tidak pernah berhenti dari pagi sampai malam hari .
Selain kota perdagangan kota juga kota santri dengan berdirinya pondok pesantren Bambu Runcing yang bertempat di daerah kauman parakan.
kota Parakan adalah kota lama Kabupaten Temanggung karena dulu pemerintah temanggung berada di parakan .
Masih banyak terlihat bangunan lama yang menarik dan rel kerata api beserta stasiun yang berdiri kokoh di tengah kota yang merupakan bukti sejarah parakan masa lampau .
kota ini dibelah oleh sungai besar yaitu sungai galeh yang bermuara di daerah yogyakarta dengan nama Sungai Progo .
kota yang penuh kesejukan karena berada di kaki gunung sumbing dan sindoro menambah keindahan kota parakan .
untuk menceritakan kota parakan banyak sangat banyak yang belum tertuliskan dan lebih baik anda datang sendiri di kota parakan yang sejuk.

6 Responses to “Parakan Temanggung”

  1. cah Parakan Says:

    yups, bener banget tu..hehe… tapi sayang musim tembakau di parakan sekarang ga seramai duluūüė¶
    Tapi gimanapun juga parakan masih asyik kok, jadi… ayo..ayo.. pada maen ke Parakan hehehe…..

  2. cemot Says:

    alhamdulilah mBako payu…

  3. fuadi lkirom Says:

    nama BAMBU RUNCING yang dulu populer dan identik dengan Parakan pada waktu sekitar tahun 1945 an itu sekarang benar benar sudah tenggelam . dan bahkan tidak identik lagi dengan nama parakan, karena justru BAMBU RUNCING lebih terkenal di Surabaya. padahal dulu BAMBU RUNCING disebut juga GRANGGANG PARAKAN kini kalau orang bicara tentang Bambu runcing tak pernah lagi mengaitkan dengan nama Parakan…. tolong mari kita perjuangkan nama itu kembali biar kembali dikenal publik, juga itu kuburan mbah KH.SUBCHI mohon di perhatikan pembangunannya, sebab pernah suatu hari ada seorang peziarah dari jawa barat karena dengar cerita heroiknya beliau kemudian dia mau berziarah ke makam KH.SUBCHI dan apa yang terjadi?ternyata sama sekali tak terlihat sebagai makam seorang pahlawan besar.. ini barang kali menjadi PR kita semua

  4. dyan Says:

    kaya apa yah sekarang kota parakan….?jadi pingin pulang nih….he,,,,he,,,,he,,,,,,

  5. bebek Says:

    kangen temanggung

  6. Kecuk Says:

    Wah mengingatkan masa kecil aku, senang mandi di kali galeh.
    Mbako Parakan memang Moy…. tapi mengapa nasib para petaninya masih belum sebagus mutu tembakaunya ?? Kenopo hayo….????


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: