Pasar Temanggung Terbakar

December 10, 2008

Kebakaran hebat yang terjadi Senin (8/12) malam, Api pertama kali terlihat pada pukul 18.45 wib, telah melalap habis 95 persen bangunan Pasar Kliwon Utara di Kabupaten Temanggung. Akibat kejadian ini, nilai kerugian yang ditanggung Pemerintah Kabupaten Temanggung dan para pedagang diperkirakan mencapai Rp 22 miliar.

Ketua Panitia Penanganan Bencana Pascabencana Kebakaran Pasar Kliwon Temanggung Budiharto mengatakan, dari Rp 22 miliar tersebut, sebanyak Rp 14 miliar merupakan kerugian fisik bangunan pasar dan Rp 8 miliar adalah kerugian yang ditanggung pedagang akibat rusaknya barang-barang dagangan yang dimiliki. “Sementara ini, Rp 22 miliar tersebut barulah sebatas perkiraan kerugian minimal,” ujarnya.

Pasar Kliwon Utara yang selesai dibangun pada tahun 1992 ini, memiliki luas bangunan mencapai satu hektar, yang terdiri dari 1.367 los, 106 kios, 38 toko, dan 16 rumah toko. Total pedagang Pasar Kliwon terdata sebanyak 1.568 orang. Kerugian yang ditanggung pedagang demikian besar karena ada sebagian dari mereka yang baru saja menurunkan barang dagangan baru ke kiosnya.

Sebelum kebakaran, ada seorang pedagang sepatu yang mengaku baru saja menurunkan barang dagangan baru senilai Rp 75 juta dan kini tidak bersisa lagi karena habis dilalap api, ujarnya.

Saat ini, bangunan fisik pasar tinggal tersisa 5 persen. Namun, Budiharto mengatakan, bangunan tersebut juga tidak bisa lagi digunakan karena kondisi konstruksinya sudah mengkhawatirkan.

Sebagian besar konstruksi bangunan yang tersisa tidak layak lagi difungsikan karena sudah hangus terkena kobaran api, terangnya.

Dengan kondisi tersebut, Budiharto mengatakan, seluruh pedagang Pasar Kliwon Utara nantinya terpaksa direlokasi. Untuk kebutuhan tersebut, Pemerintah Kabupaten Temanggung sudah menyiapkan empat lokasi penampungan yang nantinya menjadi pasar darurat atau pasar sementara bagi para pedagang. Keempat lokasi tersebut adalah areal di Pasar Kliwon Baru yang terletak di sebelah selatan Pasar Kliwon Utara, Kampung Rolikuran, sebagian Jalan Kolonel Sugiono, dan terminal angkutan pedesaan.

Namun, jika empat lokasi tersebut masih belum mencukupi, kami pun akan menyiapkan lahan kompleks alun-alun Temanggung, antara Kantor BCA dan Gedung DPRD Kabupaten Temanggung, ujarnya.

Pembangunan pasar darurat sedianya dilaksanakan minggu depan dengan menggunakan dana tak terduga dari APBD Kabupaten Temanggung, yang saat ini masih tersisa Rp 250 juta. Jika dana ini kurang, nantinya sisa kebutuhan dana akan dianggarkan dalam APBD tahun 2009.

Ny Wiro (55), salah seorang pedagang barang pecah belah berharap agar Pemkab Temanggung segera memberikan solusi bagi para pedagang dengan menyediakan lokasi baru dan bantuan dana untuk kembali berjualan.

“Saat ini, saya bingung bagaimana untuk kembali berjualan karena kios dan seluruh barang dagangan habis terbakar,” terangnya.

Pagi hari sebelum kebakaran terjadi, Ny Wiro baru saja menurunkan barang dagangan baru dari toko senilai Rp 25 juta. Namun, saat kebakaran terjadi, dia pun tidak dapat melakukan apa-apa lagi karena api sudah berkobar demikian besar

Kompas.Com

8 Responses to “Pasar Temanggung Terbakar”

  1. fuadi lkirom Says:

    aduuuuh… nasibnyaa.. permasalahan pasar di temanggung, pasar ngadirejo masih menjadi permasalahan,pasar parakan baru perencanaan di bangun, sampai pasar temanggung kebakaran…. belum juga terwujud sebagai pasar yang nyaman untuk sebagai transaksi perdagangan di temanggung duuuh nasibnya jadi warga kabupaten temanggung….

  2. teguh imam r Says:

    Jangan pernah bersedih, jangan pernah putus asa, ini hanya ujian dari yang Kuasa, percaya aja Tuhan pasti punya rencana bua kita….

    Turut bersimpati,
    teGuh


  3. ikut sedih. karena saya juga dari temanggung, waktu liat berita diTV selasa pagi, sempat shock. akibat kerugian tersebut bukan semata-mata kerugian pemda dan para pedagang, tapi semua masyarakat temanggung. paling gak ada mempunyai beban psikologis. tempat relokasi yang ditawarkan oleh pemda cukup baik, tetapi jika bisa, cari lokasi yang mampu merelokasi sejumlah pedagang, karena jika jadi satu, selain mudah untuk diawasi, juga memudahkan para konsumen untuk berbelanja. dilain pihak, para jasa transport juga akan terbantu. jika memang ada tempat relokasi yang cukup luas, tapi tidak didalam kota tidak menjadi masalah. kan, tidak harus ditengah kota.

  4. danang Says:

    waduh….piye ki mas – mas, padahal saya hobi jajan di pasar temanggung, terutama di pasar lor, walaupun sekarang jarang pulang, tapi kalo pulang selalu menyempatkan jajan ke pasar, beli baju juga di pasar, beli sepatu juga di pasar, wah yo sing sabar wae

  5. budi Says:

    Wah bagus Mas blognya, kita bisa sharing nggak, aku lagi belajar buat blog, ada di wordpress, ada di blogspot , di multyplay dan di tagged.com, tapi belum bisa bagus nah jenengan ada tutorialnya bikin blog rank, ama contac us, makasih

    Budi
    Cah Paingan Temangung

  6. budi Says:

    Pasar Kliwon Kobong saya sedih, temen-temen saya dan familynya berjualan di sana piye nasipe yo….. semoga segera dapat ganti dan rejeki yang lebih gede…amien

  7. temanggungcity Says:

    Mas budi sudah bisa membuat blog sekarang mas mempelajari SEO agar rengking blog ada selalu teratas coba buat kata kunci “Belajar SEO” di google pasti banyak referensinya. dan setelah SEO coba ADS agar anda dapat duit juga dengan ngeblog. menurut pengalaman penulis posting yang lebih sering akan meningkatkan rangking kita di Google, yahoo, dll. selamat

  8. istiyono Says:

    turut prihatin dengan kebakaran pasar temanggung, semoga segera bangkit dari keterpurukan.kepada pihak yang berwenang diharapkan dapat segera bertindak dengan efektif dan efisien, terhindar dari praktek-praktek yang dapat merugikan bersama.
    pemerintah kabupaten harus menjadi solusi bagi penciptaan kondisi yang lebih baik, mulai dari pengadaan pasar darurat, pembangunan sampai penataan kembali para pedagangangnya. kasus penataan pasar ngadirejo yang kacau jangan kembali terulang lagi….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: