Kota Temanggung

September 24, 2008

Pertama mendengar nama Temanggung didalam percakapan sangat sulit menjelaskan
A: Dari mana mas?
B: Temangggung….
A: Temanggung itu mana ?
B: Jawa Tengah Mas…
A: Sama semarang dekat ngga
B: Magelang
A: oo magelang ya ya yang tempatnya AKABRI itu, wah jauh dong mas.berangkat dari sana jam berapa?
Itulah yang selalu aku jelaskan ketika mengenalkan Kota Temanggung kepada orang yang baru aku kenal. Aku sering mengatakan dari Magelang daripada harus di tanyai terlalu panjang, kalau mereka sudah pernah ke Magelang dan bertanya magelangnya mana baru aku jelaskan Temanggung itu dimana. Itulah cerita Tentang orang Temanggungan di perantauan.
Banyak orang mengenal Parakan dari pada Temanggung, waktu ontran ontran Bupati Temanggung yang di gulingkan oleh rakyatnya yang di siarkan setiap hari di TV orang banyak mengenal Temanggung. Dan sekarang berita tentang Temanggung sudah berkurang di Media Nasional.
Penulis ingin mengenalkan Temanggung dalam blog ini , mengenalkan kepada anda yang lagi mampir di blog ini dengan bantuan om google atau tante yahoo hehhe🙂 .
Temanggung adalah Kota kecil yang nyaman dan sejuk pastinya karena berada di lereng Gunung Sumbing dan sindoro. Orang orangnya ramah dan mudah senyum maka dinamakan Temanggung Bersenyum🙂. Temanggung Kota yang di lewati jalur bus Semarang-Purwokerto dan Jogja-Jakarta via Weleri. Temanggung Kota Tembakau karena gudang – gudangnya penuh dengan tembakau. Kalau musim tembakau banyak kendaraan hilir mudik dari truk sampai helicopter.Temanggung Bumi Pala, dulu waktu jaman belanda petani Temanggung banyak menanam tanaman rempah-rempah yang dikirim dengan jalur kereta api, sekarang tinggal kenangan tinggal relnya saja. Plat Nomor Polisi untuk kendaraan orang Temanggung (AA —- E) menyebutnya aae . Makanan Favorit Bakso ulek dan Kupat Tahu. Bahasa keseharian masyarakatnya adalah Bahasa Jawa, (de e, Biangane, cah manggung, dll adalah salah satu bahasa kesehariannya).Temanggung punya Kyai Parak merupakan tempat pesantren NU yang terkenal. Temanggung punya Meteor Garden yang berupa batu dari langit. Temanggung punya Mata Air suci tempatnya di jumprit airnya diambil waktu acara waisak di Borobudur.
Tertarik dengan Kota Temanggung?

13 Responses to “Kota Temanggung”


  1. Akhir bulan Nopember 2008, 29 Nop 2008, Temanggung akan menggelar Turnamen Tenis Yunior Nasional di Lap Tenis Bambu Runcing. Bantuan dan doa restunya agar Temanggung Bersenyum dapat terwujud di Lapangan Tenis Temanggung.

    IndonesiaTennis Team

  2. cous2 Says:

    Hihihih betul banget tuh….aku juga kalau ditanya Temanggung itu mana aku selalu bilang sebelah Magelang, terus yang tanya akan langsung tahu. Jujur agak sulit menjelaskan Kota Temanggung karena memang aku sendiri belum tahu ciri khusu kota ini apa ya??? Maklum walau keluarga di Temanggung, besar di Temanggung tapi cuma sampai umur 15 tahun jadi ya tetap gak terlalu paham.
    Tapi tetap saja aku wong temanggung, walau kesananya cuma setahun sekali.

  3. temanggungcity Says:

    cous2 sekarang dimana ?

  4. fuadi lkirom Says:

    saya pingin banget siiihh… kalau kota temanggung tuh punya tempat rekreasi yang bertaraf nasional….sehingga diharapkan mendatangkan turis turis domestik maupun turis manca negara dan dampaknya memberikan pemasukan daerah….okey … bravoo TEMANGGUNG kota tercintaaaaa….

  5. mas slamet Says:

    bener kuwi…aku wae kalo ditanya asale darimana pasti ra langsung aku jawab temanggung, biasanya aku jawab magelang, kalo mereka dah tau ato dah pernah ke magelang/jogja baru tak kasih tau klo asalku manggung eh temanggung…..kangen,dah 2 tahun ra balik manggung, biasanya 2 tahun skali balik,minimal staun skali lah……
    …..salam buat temen2 SMU N 1 Temanggung, 3 IPA 1 Angkatan 1997……
    nek moco commentku iki kontak2 yo…

  6. arSi Says:

    wuakk,, sekarang lebih terkenal lagi lho,, gara gara mbak yg di kupen(tetangga desaku) yang suka ngemut(baca:ngemutilasi)..

    klo soal pariwisata,, moga moga lancar!!! pas aku pulang maren ktanya meh dibangun 3 restplace yg bakaln ad di pringsurat, pikatan trus satunya dimana gtu(ngunung pokoe),,

    (berhubung ak ga sekolh di tmg jd gabsa salam2 kya mas slamet dah,, salamnya buat keluarga aja lahh..)

  7. cah Gemoh-Butuh di jogja Says:

    jadi inget ada temenku yang bilang kalo…
    Emagn bener kota namanya Temanggung-(tanggung dapat seselan em)
    arep nang Jogja tanggung, arep nang Semarang tanggung
    hehehe

    Meski, kalo njelasin sulit tapi kalo udah ngincipi kupat tahu di sejuknya udara Temanggung bakalan cinta deh ama Temanggung. Meski keluargaku asli Semarang, dan hanya aku dan adikku yang lair di Temanggung, aku ndak pernah nyesel tinggal di Temanggung…

  8. JOGOREKSO COMMUNITY Says:

    agar temanggung lebih di kenal publick ,khususnya di bidang pariwisata di samping munkin saat ini sedang dikembangkanya dan di gali potensi makanan khas ada di temanggung ,sebenarnya market sistem pariwisata di temanggung juga masih perlu banyak kendala dan kekurangan ,memeng tidak mudah tapi kenapa tidak di coba lebih di benahi mengenai market sekmen dan sisitem publikasi,mengenai pariwisata tersebut ,Jumprit punya potensi bagus tinggal Perhutani mo kerja sama dengan pihak 2 lain tidak untuk pengembanganya ,prospek bagus itu yang di tuju investor akan masuk dengan sendirinya.terimakasih

  9. Wa2n Says:

    Temanggus city kota yg indah dan nganenin,


  10. perkenalkan,nama saya anang.saya kelahiran banyu urip th.1979. 28th saya meninggalkan kota temanggung banyak sekali perubahan yng saya lihat & rasakan.baru-baru ini saya mengunjungi kota temanggung,saya pengen mengenang masa kecil,tapi alangkah terkejutnya saya kota dimana saya lahir dulu kini berubah total,seingat saya dulu tinggal di dekat sd.banyu urip,tempat main saya di stasiun yng sudah non aktif(skarang jadi kantor pemerintahan)
    sayang waktunya nggak banyak jadi belum total huntingnya.
    saya sekarang menetap di kota blitar-jatim.mempunyai usaha rental mobil,mungkin nggak ya ada peluang kerja sama travel/apa gitu yng berhubungan dengan transportasi.
    biar sering-sering bisa maen ke temanggung…..
    0342 780 7979-0856 45670 666-calfari_13@yahoo.com
    kalo ada yang punya ide?mungkin ada yang memerlukan kontrak armada.trims

  11. najma tsakib Says:

    temanngung kota yang selalu bersenyum……..!

  12. Rini Says:

    ak asli candiroto,masa kecil sampai sma ak tinggal di temanggung, hidup di temanggung rasanya “ayem” istilah org temanggung yg artinya tenang pikiranya, tp kok menurut saya temanggung kurang berkembang, khususnya di daerah pedesaan, hingga seusai sekolah saya lsg merantau ke jogja.Saya berharap bagi pemimpin temanggung supaya memperhatikan desa2 di temanggung, sampai usia saya saat ini hampir 27 th masa desa saya jlnya masih batu2, mbok ya di aspal biar enak jalanya gt..

  13. Nafa Says:

    aku yo bingung nek takoni temanggung ki ndi terus jawabe nek ra parakan yo magelang hehe..


Leave a Reply

