E-goverment di Temanggung ?

September 17, 2008

Dengan semakin majunya perkembangan di era Platinum ini Pemerintahan Kabupaten Temanggung harus bisa menjembatani Komunikasi dan Informasi di Kabupaten Temanggung Jawa Tengah.
Internet bukan hal yang mahal kalau di bandingkan dengan output yang kita dapatkan. Membangun infrastruktur untuk mendapatkan semua fasilitas dengan Cost yang murah dalam hal ini sangat mudah. APBD Kabupaten Temanggung tidak akan habis dalam pembangunan Jaringan infrastruktur Internet karena kita bisa melakukan secara bertahap sesuai Anggaran yang didapatkan.
Jardiknas Temanggung bisa kita ambil contoh baik tentang pembangunan infrastruktur Internet di kabupaten Temanggung dalam fungsinya untuk mengenalkan internet pada para murid dan guru di sekolah-sekolah Temanggung. Kelemahan dari Jardiknas temanggung adalah bandwidth yang di alokasikan belum mencukupi untuk semua client. istilah mudahnya buat sekolah di seluruh kabupaten Temanggung belum mencukupi.
Seharusnya Pemerintah Kabupaten Temanggung dan Bapak Bupati Temanggung bisa menjembatani hal ini dimana Pembangunan di Bidang Informasi dan Komunikasi adalah harga mati untuk kemajuan Kabupaten Temanggung di masa kini dan akan datang.
Kalau tidak sekarang kapan kita akan melakukang e-goverment di Pemerintah Kabupaten Temanggung karena satu atau dua tahun lagi kalau kita menganggap ini hanya sebagai wacana dan pekerjaan yang tertunda maka Kabupaten Lainya di Jawa Tengah akan mengatakan mereka sebagai pelopor e-goverment dan sudah merasakan hasilnya.
Contoh Kasus tentang hasil yang akan kita dapatkan :
Dalam hal telpon berapa biaya yang kita keluarkan untuk melakukan biaya telepon antar instansi di setiap Dinas dan Kantor di Kabupaten Temanggung. Dengan Voip kita bisa menghilangkan biaya telepon menjadi Rp.0,- (nol rupiah) dan kemudahan ini bisa digunakan oleh siapa saja karena menggunakan perangkat Telepon bisa.
Akses Internet Rp.0,- (nol rupiah) pada Dinas dan Kantor diseluruh kabupaten Temanggung karena secara bertahap kita bisa membangun jaringan yang terhubung pada server Pemerintah Kabupaten Temanggung yang bisa di pusatkan di Setda Temanggung. Istilah mudahnya bayar satu gratis untuk yang lainya dengan berlangganan jalur fiber optic kita akan mendapatkan internet kecepatan tinggi dan hal itu sekarang bukan harga mahal.
Mengurangi biaya kertas dalam pelaporan antar Dinas di kabupaten Temanggung. Dengan email surat menyurat dan Faxsimile menjadi cepat dengan hitungan detik surat sudah terkirim dan bisa di tindak lanjuti.
Memudahkan informasi dan Komunikasi kepada masyarakat. Selama yang penulis amati website resmi Kabupaten Temanggung hanya memberi informasi dan tidak menerima komunikasi dari Masyarakat Temanggung. Kesalahannya karena tidak onlinenya Dinas Terkait yang membidanginya jadi kurang ada tanggapan.
Dengan database semua data bisa bisa di akses oleh instansi yang terkait dalam berbagai macam pekerjaan semisal pembuatan KTP (Capil sudah melaksanakan), IMB , IUJK dan berbagai macam perijinan bisa saling terkait antara kecamatan dengan Dinas yang membidangi. (dalam Perbankkan hal ini sudah biasa)
Sumber daya manusia, itu bukan perkara sulit karena di jajaran PNS Kabupaten Temanggung sudah banyak yang mengerti tentang Komputer dan Jaringan tinggal kita memberikan kursus sesuai bidangnya dan penggunaannya. Jasa Konsultasi di bidang IT bisa kita gunakan pada Tahun pertama dan tahun kedua kita sudah punya PNS di bidang Programer dan Admin IT yang bersertifikat.
Tidak ada kata Human error karena dengan Kepintaran buatan membuat Aplikasi pelaporan bisa di buat dengan Programer dari Jajaran PNS Kabupaten Temanggung sendiri. Dan pembayaran Pajak lewat rekening Pemerintah Kabupaten Temanggung bisa dilakukan masyarakat lewat warnet atau Internet di Hotspot dan Handpone.
Hal diatas adalah sebagian kecil dari banyaknya fasilitas yang kita dapatkan dengan adanya e-government di pemerintah daerah.
Semoga dengan tulisan ini menjadi percepatan e-goverment di Kabupaten Temanggung.

4 Responses to “E-goverment di Temanggung ?”

  1. iwan junaedi Says:

    GOD LUCK!!!! dengan adanya blog temanggung city akan mempermudah untuk mengakses informasi mengenai TMG city secara digital.

  2. satmiko Says:

    sekedar info
    pemkab temanggung sedang merencanakan e-gov dengan pioner dinas kependudukan, capil dan PDE.
    infrastruktur sudah terbangun dengan layanan KTP/KK Online, voip, ipcamera dan koneksi internet.
    salam sukses

  3. temanggungcity Says:

    Terima kasih infonya untuk temanggung city

  4. cah temanggungan Says:

    Wadhuh, makin bagus tuch…karena benar-benar memberikan perubahan yang signifikan.
    Akn tetapi, juga harus diingat jika sudah ada fasilitas tentu saja harus dikelola oleh pihak yang kompeten, bersih, dan tidak korupsi.
    AKu yakin koq dengan kepemimpinan Pak Bupati skrg, Temanggung bisa mengalami perubahan yang lebih baik.
    Asal di dukung ama masyarakat Temanggung…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: