Temanggung, Jalur Kereta Api yang telah hilang

July 15, 2009

Tulisan ini untuk mengingatkan sejarah Kabupaten Temanggung Jaman dulu bahwa kota temanggung dan parakan mempunyai Stasiun Kereta api yang bisa kita banggakan dan itu semua bukan dongeng pastinya.

SEJARAH KERETA API PARAKAN, TEMANGGUNG

Parakan adalah kota yang tidak bisa di lupakan karena kabupaten temanggung berawal dari kota parakan.

Awalnya pada, 21 Mei 1873 dibangunlah Stasiun Kereta Api Ambarawa dikenal dengan sebutan Stasiun Willem I

Jalur Ambarawa – Kedungjati – Semarang
Jalur Ambarawa – Secang – Magelang, serta Ambarawa – Parakan – Temanggung dan
Jalur Yogyakarta-Magelang-Temanggung-Parakan yang dikerjakan oleh NIS (Nederland Indische Spoorweg) pada 1905, Pada Akhirnya di tutup tahun 1976.

Sebenarnya pembuatan jalur kereta api ini adalah bentuk Eksploitasi Kolonial Abad XIX dimana Belanda ingin memudahkan pengiriman hasil bumi dan salah satunya adalah membuat line kereta api, dan juga pembuatan jalan-jalan yang menghubungkan daerah-daerah penghasil hasil bumi seperti Muntung, Kaloran, dan Parakan diperbaiki pada 1870. Pada tahun ini jalan-jalan yang sebelumnya hanya bisa dilewati kuda, kemudian, diperlebar dan diperkeras dengan batu dan kerikil selebar 2 meter. Sedangkan jalan Pos–jalan patroli militer Belanda–seperti di Pingit yang menghubungkan Ambarawa dan Magelang diperlebar menjadi 6 meter.

Di era kemerdekaan Stasiun Parakan dan Stasiun Temanggung merupakan jalur transportasi utama masyarakat Temanggung, dalam cacatan Mohamad Roem menggunakan Kereta Api dari Stasiun Parakan Menuju Pekalongan, dan Kereta api juga menjadi Cerita Perjuangan Pemuda Bambu Runcing Parakan.

Saat ini jalur Kereta api Parakan Temangung Sudah mati dan masih tersisa adalah jalur rel dan bangunan Stasiun dan jembatan (gambar Jembatan Kerta api).

Locomotief
Locomotief op een spoorbrug over de Kali Progo bij Temanggoeng in de lijn van Setjang naar Parakan ( kereta api ini berada di atas kali progo Temanggung pada tahun 1910)

Locomotief 2
Jalur kereta api di atas kali progo Temanggung pada tahun sekarang (tempat yang sama, sakarang rusak dan berkarat)

SEJARAH KERETA API

Sejarah perjuangan Bangsa Indonesia mencatat pengambilalihan kekuasaan perkereta-apian dari pihak Jepang oleh Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) pada peristiwa bersejarah tanggal 28 September 1945. Pengelolaan kereta api di Indonesia telah ditangani oleh institusi yang dalam sejarahnya telah mengalami beberapa kali perubahan. Institusi pengelolaan dimulai dengan nasionalisasi seluruh perkereta-apian oleh Djawatan Kereta Api Indonesia (DKARI), yang kemudian namanya dipersingkat dengan Djawatan Kereta Api (DKA), hingga tahun 1950. Institusi tersebut berubah menjadi Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA) pada tahun 1963 dengan PP. No. 22 tahun 1963, kemudian dengan PP. No. 61 tahun 1971 berubah menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA). Perubahan kembali terjadi pada tahun 1990 dengan PP. No. 57 tahun 1990 status perusahaan jawatan diubah menjadi perusahaan umum sehingga PJKA berubah menjadi Perusahaan Umum Kerata Api (Perumka). Perubahan besar terjadi pada tahun 1998, yaitu perubahan status dari Perusahaan Umum Kereta Api menjadi PT Kereta Api (persero), berdasarkan PP. No. 19 tahun 1998.

Semoga Dongeng ini tetap menjadi sejarah Kabupaten Temanggung untuk masa depan.

Dari Berbagai sumber

About these ads

16 Responses to “Temanggung, Jalur Kereta Api yang telah hilang”

  1. bayu Says:

    salam kenal mas Agung,

    minggu lalu saya mampir di Kledung pass sekitar jam 10 pagi..

    WUIHH hawane sejuk poll….mampir di gayatri RM. kalo nggak ngejaR ke majenang, sebetulnya masih betah nongkrong disitu

  2. ahnad irfan Says:

    wah gawat donk

  3. anita Says:

    i miss u my city.
    d tahun 2010 aku akan pulang.
    hikz…hikz…

  4. cah temanggung Says:

    hmm, sepertinya kalo dilihat secara detail, struktur jembatan yang di foto jadoel itu bukan jembatan di atas kali progo deh..bisa dicermati struktur jembatan kali progo mempunyai struktur baja yang lebih besar di bagian tengahnya…kalo menurut saya, sepertinya jembatan di foto jadoel itu adalah jembatan di atas kali setelah stasiun temanggung menuju parakan…

  5. cah temanggung Says:

    atau mungkin memang struktur jembatannya sudah dirubah ya?? hehehe…entahlah

  6. romy Says:

    saya juga kemaren akhir 2009 ke temanggung dan melihat-lihat sisa-sisa rel dan stasiun yang masih ada. sayang sekali tidak dihidupkan kembali

  7. cien_tha Says:

    denger2jalur kereta api temanggung parakan meh dibangun lagi. . . . . . bener ga tuch. . .?????

  8. temanggungcity Says:

    sepertinya ngga mungkin deh mbak cien_tha, contohnya rel di daerah kedu temanggung sudah menjadi perumahan, dan banyak yang terputus seperti jalan raya di depan setda temanggung, yang merupakan rel dari stasiun temanggung.


  9. mas,aku mau tanya.
    Ktanxa rel ka parakan ndak mgkn dihdupkn.tp kok di sktar rel dberi patokan,ada apa ya?

  10. Andri Ana Says:

    Salam kenal buat warga temanggung….
    Semoga semuanya sehat N sukses selalu.
    saya main2 di temanggung pada minggu pertama bulan puasa tahun 2010.
    sore main2 ke kebun tembako di suatu desa yang sejuk kalau ga salah desa itu namanya desa sri wungu.
    Tidak terasa magrib sebentar lagi menghampiri.
    Langsung Kita menuju Pusat Kota,waktu itu saya menuju Area Alun-Alun (Lapangan di tengah Kota).
    Berbuka puasa pun Terjadi.setelah itu dilanjutkan untuk shalat Magrib di Masjid yang terletak persis di seberang Alun-Alun tersebut.
    Tidak Sempat Menginap di temanggung. setelah Shalat Tarawih Selesai, saya bersiap2 untuk Kembali Ke jakarta.
    Ketenangan Daerah nya membuat hati ingin kembali lg ke temanggung. Semoga suatu Saat bisa silaturahmi Lg kesana…….
    Wslm

  11. danta love vanda Says:

    tmg mnkn jlur krtany mati……….
    tpi kreatifitas akn trus maju………..
    we are tha new generation of temanggung city………

  12. gatot Says:

    mbok dihidupkan lagi jalan kerate apine yooo,men ngurangi macet

  13. Pembuatan Jalan Says:

    Pembuatan Jalan beda di indonesia, beda lagi di belanda, proses pembuatan jalan di belanda sangat unik. hihihi…

    beda di indonesia, beda lagi di belanda, proses pembuatan jalan di belanda sangat unik. hihihi…


  14. ni di deket pasar itu bukan ya….

  15. zarrote reggiesta Says:

    yang atas itu jembatan kali kuas brojolan temanggung

  16. noemoto Says:

    owalah,begitu tah…dulu2nya.
    Baru tau,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: