Penemuan Candi di Temanggung

June 8, 2009

candi temanggung

candi-temanggung2

candi temanggung3

Penemuan Batuan candi diduga peninggalan zaman kerajaan Mataram Hindu yang terkubur ratusan tahun lalu akibat letusan Gunung Sindoro.

Batuan candi yang ditemukan itu nampak lebih muda dan modern dibanding dengan candi-candi lainnya. Juga masih diteliti kemungkinan kaitan situsnya dengan Candi Perot di Desa Prangapus, tak jauh dari Purbosari.
Batu-batu candi yang masih tersusun rapi itu, baru-baru ini ditemukan masyarakat Dusun Liyangan, Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo saat mereka menggali pasir. Dusun ini terletak di lereng Gunung Sindoro, sekitar 28 km arah barat laut kota Temanggung.
Semua batu itu ditemukan Misdi (28 tahun) buruh penggali pasir. Pada kedalaman 1,5 meter cangkulnya terantuk batu, Misdi pindah mencangkul sejauh 1 km dari tempat semula.
Lagi-lagi cangkulnya membentur batu. Ia gali lebih dalam, ketemu batu tersusun rapi mirip tembok pembatas. Misdi menceritakannya pada warga lain. Mereka melanjutkan penggalian, sampai menemukan batu tersusun 1 meter sepanjang 5 meter.
Sebagian batu itu sudah terlepas dari susunannya, dan dijadikan tangga jalan di depan rumah Sucipto. Bentukya sama segi empat memanjang mirip cor-coran semen.
Batu itu tertata membentuk dinding, di sebelahnya ada yang tertata mirip lantai dengan ukuran lebih kecil berupa segi empat sama sisi.
Semuanya ada 14 benda, ada yang berbentuk lumpang (lingga), ada juga sejumlah patung berbagai bentuk.
Salah satu temuan berupa patung, katanya, tertulis angka 1257 dengan huruf Jawa. “Mungkin menyebut angka tahun pembuatan”
Menurut beberapa pemuka masyarakat desa, kemungkinan bebatuan itu bekas bangunan Kadipaten Pesuruh. Sebab, berdasarkan ceritera, di daerah (Liyangan) itu secara turun temurun berdiri Kadipaten yang ditinggal olah rajanya sehingga terbengkelai.
Sebelumnya, masyarakat pernah menemukan beberapa arca dan potongan batu candi

Info dari beberapa sumber

Tulisan Terbaru dari Candi Liyangan bisa anda Baca di Bawah ini :

Candi Liyangan  Desa Purbosari Kec Ngadirejo Kab Temanggung

.

About these ads

18 Responses to “Penemuan Candi di Temanggung”

  1. Gus wah Says:

    wah.. sungguh ajaib negeriku indonesia, selain beragam suku bangsa dan budayanya, ternyata kaya juga dengan peninggalan kekayaan masa silamnya, baik berupa candi2,yoni,lingga,tembikar,keramik dan peninggalan2 lainnya,dengan begitu kita bisa tahu bahwa betapa besar kekayaan yang dimiliki oleh bangsa INDONESIA. Andai saja pemerintah bisa membangun kembali peninggalan kebudayaannya pada masa silam dengan sempurna tentu Indonesia akan menjadi pusatnya ilmu pengetahuan bagi dunia.

  2. zuniyanto Says:

    Alam sedikit dami sedikit akan membuka sebenarnya Temanggung yang INDAH ini…………,Mudah – mudahan di jaga dan selalu di lestarikan untuk anak cucukita kelak

  3. setyo Says:

    ra nyono nek neng temanggung ono candi neng kok ak dw wong temanggung kok ora ngerti,trus piye pemerintah kota temanggung ki do turu wae po piye

  4. anton Says:

    PASIRE RA DI GALI WAEEEEE, KALIDERES BANJIRRRRRRR,GENDENGAN NDAK LONGSORRRRRRRR, PAHAM ORA JAN’E

  5. ab_uzi Says:

    OH ,LIYANGAN TO,,,,DEKET MA OMAHE INYONG KANG,,,,,,ALIAS TONGGO DESO,,,,,AND HIDUP TEMANGGUNG BERSENYUMMMMM,,,,,THE END

  6. ab_uzi Says:

    EE,,ANTON ,,,,LEH NGGAALI KUWI DONG RAA NANG KALI ,,,,,,TAPI ORANG2 NGGALINE NANG PASIR DARAT KANG ALIAS NANG LADANG…..NEK WEDDI LONGSOR KOWE PINDAAH WAAE KANG ,NGGENDENGAN DESO CILIK ,MENGKO NEK LONGSOR DI GOWO BANJIR,MALAH ,MATI KABEH,,,DESO KOYO NGONO DI HUNI,,UUUUUU

  7. marjoko Says:

    kereeeeennnnnnnn mas……….yooooo….

  8. suprex Says:

    hebat ya wong mbiyen ,joz….

  9. iwan Says:

    penemuan candi di temanggung yang terkubur pasir setinggi sekitar 25 m menunjukkan bahwa dulu pernah ada sebuah peradaban yang begitu maju.

  10. iwan Says:

    candi tersebut masih begitu sederhana dan tidak ada ukirannya, shg bisa dipastikan usianya lebih tua dari borobudur.

  11. Demi Says:

    Take care of digging the temple. It makes Temanggung famous

  12. diara Says:

    sebagai warga temanggung yang baik kita wajib menjaga dan melestarikan peninggalan sejarah tersebut…
    tak lupa sebagai pemerintah kabupaten temanggung yang baik dan bertanggung jawab harusnya lebih tanggap dan peka terhadap lingkungan sekitar…

  13. anantama Says:

    peradaban kebudayaan Jawa hindu nan agung sedikit demi sedikit dikeluarkan ibu pertiwi… JASMERAH, jgn sekali” melupakan sejarah…..

  14. Peter black Says:

    Atas penemuan candi didesa liyangan saya sebagai salah 1 warga temanggung berharap ada realisasi pemerintah untuk segera melakukan tindakan secara cepat,tegas&lugas jangan sampai tangan2 jahil merusak situs purbakala yg sudah ditemukan tersebut dan saya berharap pemerintah segera merealisasikan mengenai pembebasan tanah warga yg masuk dalam rute wilayah candi tsb dan segera melakukan tindakan lapangan penggalian besar2an untuk mencapai kesempurnaan candi yg diperkirakan mencapai 6 hektar tsb…
    Coba kita bayangkan jika pemerintah segera merealisasikan tentu indonesia akan diserbu pengunjung dari mancanegara dan tentunya akan menambah devisa negara…
    Wahai pemerintah ayo bersemangatlah untuk segera menggali kekayaan indonesia yg masih terkubur ini… Masa depan indonesia ada ditanganmu…
    OJO TURU PAK DE….!!!

  15. Tunggono Mahesatama Says:

    aku bangga menjadi orang jawa,,,yg sampai sekarangpun masih berbudaya..budaya yg mengajarkan bahwa manusia hidup laksana padi dalam perkembangbiakannya sekali menikah.berketurunan selama hidupnya,,,Jawa Dwipa…cikal bakalnya budaya Indonesia,,,Huruf palawa bahasa sansekerta,,,itu adalah peninggalan leluhurnya Orang Indonesia.

  16. dewi pus Says:

    aQ Bangga dengan negri ku.. karena di dalam negri ini ,negri ku terdapat banyak kekayaan terutama peninggalan sejarah:)

  17. endry Says:

    gan. Mau tanya kalo kita menemui emas 1 peti yang di kubur kayakya udah ber puluh2 tahun apakah kita bisa menggunakany atau tidak


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: