Kuda Lumping

March 10, 2009

Kuda lumping Temanggungan ini menarik karena orangnya berkepala reog jadi kelihatan sangar :) dan tarian ini bisa di lihat di setiap desa di kabupaten pada acara-acara pernikahan sampai acara keagamaan misalnya maulid nabi.

kuda-lumping-2

kuda-lumping-3

kuda-lumping-1

About these ads

28 Responses to “Kuda Lumping”

  1. BAMBANG HOUW Says:

    kayak jathilan nglamuk ….

  2. temanggungcity Says:

    Jathilan nglamuk memang bagus mas saya sudah pernah melihatnya

  3. miko Says:

    emang nglamuk bagus..? trus udah pernah dapat gelar dari mane?..jangan sombong gitu ya mas klo cuma liat doang saya malah pemain kuda lumping dari nglarangan tleter yg gak kalah bagus ny….rapi udah 1th ini saya gak pernah maen lagi soal ny saya lagi merantau ke bekasi

  4. temanggungcity Says:

    penulis ingin mendukung kelompok kuda lumping temanggungan bisa dikenal didunia dan salah satunya kuda lumping nglarangan tleter dan bagaimana kalau dikembangkan di bekasi mas biar orang temanggung tambah kerkenal saya tunggu ceritanya.

  5. mas wal Says:

    di liat dari pakaianya itu bukan jathilan lamuk mas, lamuk pakaiannya bagus dan bikinan sendiri.jogetnya juga bagus kompak.


  6. alkisah dizaman dahulu kala ditanah jawa hiduplah seorang raja nan sakti mandraguna.raja yang banyak mendengar kisah kepahlawanan mahabrata.beliau sangat kagum akan kisah perang bharatayudha di kurusetra yang dituturkan oleh para brahmana dan ksatria istana .dan raja yakin perang bratayudha akan berulang ditanah jawa.beliau sangat tertarik tentang tentara berkuda dan arjuna dengan kereta kudanya yang gambarnya dibawa oleh buyutnya dari tanah alengka karena beliau sesungguhnya keturunan pelarian hindu tamil dari tanah alengka (sri langka)negeri yang kini murtad memeluk agama budha lantaran negerinya sering diejek sebagai negeri rahwana terkutuk dan penduduknya sering dianggap sebagai raksasa kanibal yang biadab krena warna kulit mereka hitam legam atau keling dalam bahasa melayu di cerita suci hindu ramayana membuat penduduk sakit hati pindah keagama budha.eyang buyut sang raja hindu melarikan diri ketanah jawadwipha dan mendirikan kerajaan hindu kalingga serta memakai gelar aria sebuah suku bangsa terkemuka yang sebenarnya berwarna kulit putih dari tanah india tetapi sayang kulit beliau yang gelap kalau tak mau disebut hitam legam jadi penghalang untuk membedakan warna kulit dan beliau mengajarkan kasta tanpa warna sebagai mana di india (hindu sedikit nyimpang dan kata wharna dalam sansekerta aslinya adalah warna kulit(coloured) pembeda kasta dimana orang kulit putih superior)karena kegelapan kulit itulah ajaran hindu sedikit diubah supaya syah jadi raja sampai kesang cucu yang kini memegang tampuk pemerintahan dan menghayalkan punya pasukan berkuda.rajapun membuat sayembara kepada siapa yang tau banyak tentang bagaimana pasukan berkuda.hal tsb didengar oleh pedagang persia yang kemudian menghadap baginda sambil membawa gambar gambar pasukan berkuda persia yang kelihatan gagah perkasa.”wahai tuanku raja jawa yang mulia sebaiknya baginda ikut hamba kenegeri hamba dan melihat sendiri agar tidak penasaran dihati dan mengetahui bahwa semua bukan sekedar gambar khayal sang pelukis”.raja membenarkan dan ringkas kata berangkatlah raja disertai hulu balang dan pengawal serta menteri naik keperahu saudagar persia.karena raja jawa tidak punya perahu dan buta ilmu pelayaran.mereka mengarungi samudra sampai akhirnya tiba di bandarpersia.beliau terpana oleh indahnya bangunan arsitektur persia nan indah dan megah.beliau terpesona oleh gagahnya tentara berkuda yang bukan hanya tentaranya tetapi kudanya juga besar besar.barisan berkuda yang teratur dengan derapnya yang gagah perkasa membuat raja tercengang.ternyata kenyataan lebih hebat dari gambar yang dibawa sangsaudagar.raja memuji dan menghayalkan kalau saja aku punya tentara berkuda seperti ini tentunya akulah raja terkuat di jawa dan raja2 sekitarku akan bertekuk lutut.puas melihat raja pun meminta diantar pulang dan ingin membawa kuda2dan kalau bisa menyewa tentaranya sekali.”bagaimana baginda mau membawa kuda?bukankah baginda dan hulubalang serta menteridan para pengawal sudah memenuhi perahu hamba”kata sang saudagar “bahkan isteri hambapun masih hamba tinggal dipulau kosong demi paduka karena kapal sudah terlalu penuh muatan”lanjutnya.maka diaturlah kuda akan dibawa oleh perahu lain sedangkan tentara persia tidak mau bekerja di tanah jawa mereka tidak doyan pecel dan rempeyek apa lagi tempe bongkrek.tetapi malang tak dapat ditolak untung tak dapat diraih ditengah samudra datanglah badai yang dahsyat.baginda raja pusat pasi serta pasukan tak berdaya perahu pengangkut kuda tenggelam dengan keberuntungan beliau selamat dan setelah badai reda perjalanan dilanjutkan ketanah jawa setelah tiba ditanah jawa baginda menggelar selamatan dan sykuran pada dewata yang telah melindunginya dan menyesalkan impiannya tentang pasukan berkuda belum terwujud.beliau pergi ke gua untuk bertapa dan mohon petunjuk dewata.beliau mendapat ilham atau wangsit dimana beliau mendapat kedua keinginan yakni kuda dan tentaranya sekaligus dimana orang jawa bisa jadi kuda dan tentara dimana dalam wangsit beliau harus membuat kuda dari gedek bambu dan ijuk serta dan bisa ditunggangi lasykar yang akan jadi kuda.”suatu solusi atau jalan keuar yang sangat bagus” kata sang raja dalam hati.maka diperintahkanlah bikin kuda gedek dan ditunggangi sebelum jalan kuda dibacakan mantra2agar mau makan rumput bahkan makan beling kalau rumput tiada.sang raja pun turut menari nari kesenangan semua impian terwujud dan sejak itu kuda gedek jadi kuda populer sampai saat ini.dimana mana ditanah jawa bahkan menyebar ke malaysia kuda gedek alias kuda lumping alias kuda kepang alias jaran kepang alias reogjhatilan dan entah apa namanya lagi sangat digemari.walahualam bin awab

  7. g Says:

    yang jelas mau nglamuk,tleter jathilan tmg paling apik. doakan penelitian skripsiku tentang jathilan tmg cepet selesai

  8. galang Says:

    wis selese tah skripsine,,,ternyata ada frum cah temanggung disini…….jaran kepang tmamnggung apik kabih…ga usah di bedak” bdake,,,lo ada rekaman vidio jaran kepang q gelem wis suwe ga nonton, kangen ki pengen nonton

  9. gg Says:

    tapi gmanapun jathilan klasik tetep lebih berbobot

  10. S. Dremi G. Says:

    Sekali-kali lihat dong, pentas kuda lumping
    Satria Budi Santosa di Dusun Ngempon, Desa Pagersari,
    Kec. Tlogomulyo, Temanggung.
    Ada kreasi baru : ada Barongsai-nya, ada Leak Bali-nya,
    ada campuran tarian Bali dan lain-lain,
    pokoknya kreatif deh Pemuda Ngempon, Pagersari,
    NONTON DIJAMIN PUAAAASSZZZ !!!

  11. temanggungcity Says:

    buat mas dremi saya pernah nonton kuda lumping di desa anda. bagus dan sangat menarik apalagi di tambah orang yg pake gendongan (lupa namanya) lucu juga.

  12. bambang israwan Says:

    weeeee lha dhalah, pancen apik jatilane. Aq kelingan isih cilik biyen, yen jarane negar2 aq mlayu wedi. yen saiki bar nonton yo jatilan dewe nang omah karo mbok wedok. yen putune wis turu, mengko ndak wedi koyo aq mbiyen. po maneh negare lan mengkale nganti njentiiiiiit. Ra sah ndelok yen iki yo mas

  13. SonElf Says:

    Xl u g ntn Q past kecwa bgt l0…. Satrio budi santoso plg bgs sexl pemain’ny……

  14. SonElf Says:

    Coba maz datg sendr kesn liht kuda lumpeng di dsa ngempon past maz pengn ntn sexl…… Barg’ny bgs pemaen z cr lakh sendr……. Bsk’ny xl ad pents seni kuda lumpeng datg kedsa ngempon past rame bagt l0n

  15. erwin Says:

    aku sangat cinta n bangga ama kuda lumping dari DAMPIT Kec Tlogomulyo,gak ada yang nandingin deh.tari blendrong landangnya itu lo. .bikin pengen aja……erwin genting kec bansari,

  16. erwin Says:

    aku sangat suka kuda lumping dari dampit kec tlogomulyo.tari blendrong landang ny itu lo

  17. nowi Says:

    itu kuda lumping kampung saya om (dusun ngepoh,badaran)…yg lagi kesurupan GUNDI+RIDIN tu namanya,,yang nimbul p.ISKAK..yg dagang bakso di depan rumah tu pak MENDOL..wkwkwkwkk…tp sekarang sudah PUNAH..maklum pengurusnya kurang serius….

  18. nowi Says:

    BADRAN maksutnya,bukan badaran..kliru nulis

  19. temanggungcity Says:

    @nowi , trimasih infonya

  20. nowi Says:

    siip..ngomong” kalo boleh tau itu dapetin fotonya dari mana om??
    acara itu udah 3/4 tahun yang lalu soale???un yang lalu soale???

  21. Kijo Gs Says:

    kesenian jawa medok

  22. sipyanti Says:

    jadi kangen rumah nie,,,
    hdup temanggung

  23. Wiwik Sri Lestari Says:

    I Love Temanggung so much… :) setelah gak di Temanggung ini aku jadi seneng banget sama jaran kepang di Temanggung… adareog, ada leak, ada singo barong nya, bahkan sampai ada barongsai, hehe,,,

  24. andi Says:

    kuda lumping t tarian kas temanggung setiap kelompok pasti punya kas sendiri sendiri jdi perbedaan jgn di jadikan celaan

  25. maman suratman Says:

    aku arep nanggap kuda luping yg di bekasi ada boss…??? mkash 081280504518 087779209418

  26. maman suratman Says:

    aku arep nanggap kuda luping yg di bekasi ada boss…??? mkash 081280504518 087779209418

  27. by yanto bgong Says:

    nyong rw turonggo mudo,,,penarine bali joz,,???

  28. Erwin afri Says:

    Saiki ng tmg ki ra perlu apik po eleg. Sg penting ki iso menghibor masyarakat rena rene. Koyo W.T.P tak akoni apek, tp ra tau ono kabare mergane sekali perfom regane yutonan. Mbok koyo satrio wibowo eleg sih. Tp jobpe padet di tanggap rena rene. Mergane murah tor memuaskan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: