Didik Nini Towok Sang Penari

October 22, 2008


Sejak berperan sebagai Mbok Dukun yang centil dan lucu dalam sendratari Nini Thowok, sosoknya mulai dikenal luas. Sejak itu pula namanya dibaptis menjadi Didik Nini Thowok
Terlahir di Temanggung dengan nama Kwee Tjoen An, berubah menjadi Didik dari ayah Hadiprayitno (Kwee Yoe Tiang).
SMA Negeri I Temanggung, jurusan paspal mas didik mulai berkembang ia pun terus menari dan menari setiap ada kesempatan, berguru dan berguru pada siapa pun yang ditemuinya. Salah seorang gurunya adalah Prapto Prasodjo, yang juga pengajar di padepokan tari milik penari senior Bagong Kussudiarjo di Yogyakarta.
Dengan bantuan dan bimbingan guru-gurunya itu, pada pertengahan 1971, Didik berhasil menciptakan koreografi tari sendiri, yang diberinya judul Tari Persembahan, yang merupakan gabungan gerak tari Bali dan tari Jawa. Inilah tarian pertama yang diciptakan Didik, yang ternyata menjadi awal dari sekian banyak kreasi tari yang diciptakannya di masa depan. Yang lebih mengesankan, Didik diberi kesempatan untuk mempersembahkan Tari Persembahan tersebut pada acara peresmian gedung baru sekolahnya, di Jalan Kartini, Temanggung, yang juga dihadiri Gubernur Jawa Tengah waktu itu, H. Moenadi. Keesokan harinya, acara tersebut (termasuk tarian yang dipersembahkan Didik) muncul di koran Suara Merdeka. “Bagaimana aku tak bangga!” kenang Didik, dengan mata berbinar.

Dalam acara syukuran lulus SMA (1972), Didik tampil menari, membawakan Tari Batik. Di sinilah untuk pertama kalinya Didik tampil sebagai penari wanita. Berkebaya dan bersanggul, dengan luwes ia memamerkan gerakan-gerakan tari yang juga merupakan hasil karyanya sendiri itu.

dan sekarang tarian Mas Didik sudah sampai di seluruh duni dan membawa harum bangsa Indonesia dan Temanggung Khususnya. terus berkarya mas didik

20 Responses to “Didik Nini Towok Sang Penari”

  1. Ms. heidi Says:

    kemana saya dapat menghubungi mas didik? saya perlu untuk acara ABDA tgl 20 Nov ini. ASAP .

    Txs n Regards

    Heidi
    0815-8479-8848 atau
    Ibu Maria
    0816-954938

  2. temanggungcity Says:

    DIDIK NINI THOWOK
    GREEN PLAZA KAV.7
    JLN. GODDEAN KM. 2,8 YOGYAKARTA 55182
    TEL 0274-586050, 520736

  3. weep Says:

    salam kenal ….
    saya juga wong temanggung …
    sukses n semoga panjang umur
    salam “bersenyum”

  4. windy amalia Says:

    salam senyum buat orang2 temanggung…..

  5. ain Says:

    Mas saya mau tanya
    1. mas didik, sanggar mas didik ada di mana?
    2. perasaan apa yang mas didik rasakan saat mas didik menarikan tarian ataupun saat memakai topeng koleksi mas didik.
    3. Apa kunci utama untuk menjadi seorang penari
    itu saja yang dapat saya tanyakan,atas jawaban yang di berikan saya ucapkan terima kasih.

  6. lala Says:

    mau nanya neh, om didik tuh nyewain costum g ? apa ajah…
    cuman costum tarian atau costum karakter…

    trus juga ada kursus make up karakter nggak om…

    lala pengen banget belajar…
    om didik TOP ABIS DEH MAKE UPnya…

    sukses ya…

  7. kayla putri asmara Says:

    mas didik pa kabar….

    ada imelnya g mas? pengen cerita lebih banyak n pribadi nih :-) salam kenal yah.

    kayla di bali

  8. chandra Says:

    mas salam kenal ya………. saya chandra .saya salah pengemar mas karena keluwesan mas menari .saya jg suka nari mas tapi itu waktu saya luwes skrg sech gak kaku mas .sukses ya mas…….

  9. aji pariyem Says:

    sugeng siang,,, mas mau tanya,,, kami sma di surabaya,,punya rencana tour keYK,,, kalo main ke sanggar dan menikmati tarian dwi muka nya bisa to??? tapi nyuwun sewu dan sedikit saru,,, apa bisa dan gratis???. nuwun aji pariyem ..08161301108

  10. Ucu Holis Says:

    G’mana kabar ma Kiki Fatmala?????? Stelah ikutan acara Take Me Out Sellebrity

  11. Saiful Says:

    Salam kenal mas,,,
    Mas Didik sanggarny dmana y ?

    Oh y mas kalau mau bergabung gmana crny mas ?
    Terima kasih

  12. ninik Says:

    salam kenal mas Didik, saya boleh tanya dimana sanggar mas didik yg di daerah jakarta selatan.. bisa minta alamat dan no tlp nya? dan yg boleh ikut latihan dari usia berapa sampai berapa? tks u infonya mas…

  13. Anggun Says:

    Bagaimana saya bisa menghubungi pak didik?? saya sudah menghubungi no tlp rumahnya dan hp tapi tidak bisa2.
    saya perlu beliau untuk tanggal 8 mei 2010. untuk penampilan tarian dimalam pagelaran rakyat di Universitas Atma Jaya Jakarta..
    terima kasih..
    Tolong Balas Kilat.

  14. Rietsy Says:

    Mas/Mba, kami akan adakan seminar nasional Revitalisasi Budaya Aseli dalam perubahan Paradigma Pembanguan Pariwisata Indonesia”. Akan dibahas juga Festival TOPENG pada sesion ke II, oleh sebab itu kami mohon Mas Didik bisa menari topeng disela acara 14:00-16:00 pada 7 Juli 2010. Mohon balasan dan kabarnya ya….

    Terima kasih,
    Rietsy
    HUMAS STP Trisakti.

  15. alex Says:

    mas saya mahasiswa BSI Salemba 45 Jakarta jurusan broadcast
    saya dan teman2 saya ,sedang ada ide untuk membuat dokumenter untuk TUGAS AKHIR .kami ingin mengambil tentang profil mas Didi.kami minta alamatnya yang ada di yogyakarta.

    terima kasih .

  16. novera Says:

    mas saya mau nanya ada sanggar les mas didi di yogyakarta ga mas ?
    saya kepengin banget nerusin mama yang bisa nari daerah

  17. myrilla Says:

    oom didik sudah lama saya pingin belajar nari ma oom didik. sanggarnya dimana, ya..?

  18. Ipung Hargianto Says:

    Selamat Pagi, saya Ipung dari Universitas Budi Luhur Jakarta, saya boleh minta alamat emailnya Mas Didik Nini Thowok karena saya berniat untuk mengundang Mas Didik pada acara Seminar Nasional pada bulan Oktober nanti. Mohon di balas ke email saya : argie@kmikubl.com. Terimakasih

  19. mayrani Says:

    klo blh tau tgl lhirx brpa n di mana ?

  20. izza Says:

    aku ngefans lo sama mas didik……


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

