China Town in Parakan Temanggung

October 8, 2008

Kalau anda melintasi jalan Diponegoro Parakan Temanggung. anda akan melihat deretan toko sepanjang 1 km yang menjual berbagai macam dagangan mulai dari salon, toko rokok, toko klontong, toko emas dan lain-lain, di sini anda akan melihat laju perdagangan terbesar kedua setelah kota temanggung.
masyarakat Jalan diponegoro dan sekitarnya merupakan mayoritas keturunan cina. dari data yang aku peroleh warga cina datang di Parakan sebelum perang kemerdekaan, itu dibuktikan adanya klenteng Tridarma yang berdiri di Kota Parakan. Sebagai Kota Tembakau banyak pedagang yang mencari daun tembakau di daerah Parakan dan sekitarnya dan banyak pedagang cina yang menetap di sini kebanyakan mereka pedagang cina dari Magelang.
Kota Parakan adalah kota Temanggung lama, karena dulu pusat pemerintahan ada di Parakan dan setelah kemerdekaan berpindah di Kota Temanggung yang berjarak 7 km dari Kota Parakan.
Warga cina di parakan lebih membaur dengan masyarakat pribumi dan sudah banyak dari mereka yang WNI. sekarang banyak bangunan lama milik warga cina yang direnovasi yang menghilangkan arsitektur kota lama di Parakan.

About these ads

29 Responses to “China Town in Parakan Temanggung”

  1. fuadi lkirom Says:

    pada skitar juni akhir 2008, kota parakan kedatangan serombongan tamu dari persatuan tiong hua Indonesia serta seorang tokoh dari negara Amerika serikat, Ronald knapp namanya. kunjungan dia besrta rombongan itu dalam rangka penelitian peninggalan sejarah tokoh legendaris kungfu dari Parakan, LAUW DJING TIE, dengan adanya kepedulian mereka terhadap sejarah kungfu yang masih berkaitan dengan aset kota parakan ini, kita jadi tergugah. orang lain saja betapa besar kepeduliannya terhadap Beliau, LAUW DJING TIE maestro kungfu dari gambiran ini hendaknya kita pun juga ikut melestarikan , maupun memperhatikan kebesaran namanya, tanamkan kepedulian kita terhadap para tokoh tokoh kita.

  2. fuadi lkirom Says:

    Mohon kalau diperkenankan boleh minta di judul CHINA TOWN IN PARAKAN tuh misal kalau di kasih foto yang lebih menggambarkan ke arah etnis budaya tiong hua malah lebih pas tu… misal jalan gambiran , atau jalan sebokarang, klenteng HOK TEK TONG parakan…. begitu mungkin … itu barangkali permintaan saya ….trima kasih…

  3. temanggungcity Says:

    penulis mempunyai beberapa foto klenteng tridarma parakan, tuggu tayangnya ya mas

  4. lutfi Says:

    hai pakabar ……..minta dong sejarah tentang parakan …
    dan gambar 2 …………Q ank mandisari parakan trus skarang Q ting ggl di bengkulu …….terima kasih ……..

  5. Edy D Says:

    Parakan-Temanggung dua nama bagai dua muka keping uang. Bagaimana tidak, 2 kota ini silih berganti menjadi pusat pemerintahan. Manakala belum ada nama Temanggung dan Parakan, konon kabarnya telah tertancap nama Menoreh. Sebuah tanah perdikan yang dipimpin oleh seorang pemimpin setara dengan adipati. Konon kabarnya pusat pemerintahan berada disekitar 2 kota tersebut. Data menunjukan Raden Adipati Ario Sumodilogo tercatat sebagai Adipati Monoreh. Setelah itu baru muncul nama Temanggung, pasca perang P. Diponegoro ( mohon dikoreksi). Nampaknya pasca perang P. Diponegoro ada penataan ulang terhadap wilayah Menoreh.
    Kota Parakan menjadi kota dagang dan Temanggung menjadi kota pemerintahan. Parakan sebagai kota dagang mengundang bangsa China perantauan untuk bermukim dan berdagang di parakan. Dikemudian hari Parakan (yang merupakan kota dagang) menjadi ramai dan menjadi pusat permukiman masyarakat china (tionghwa). Sementara kota Temanggung menjadi pusat pemerintahan. Sehubungan dengan Lauw Djing Tiew, konon kabarnya adalah salah satu dari 3 jenderal dari china daratan yang melarikan diri ke Indonesia. 2 nama lain adalah Djie Siaw Fuk di Semarang dan Lo Djing Tie di Temanggung(ejaan mohon dikoreksi). Ketiganya jagoan kung fu.

  6. Edy Sofyan H Says:

    APA DI KLENTENG MASIH ADA PERTUNJUKAN WAYANG POTEHI
    PERTUNJUKAN BONEKA DI PANGGUNG YANG KECIL PENONTON DUDUK DI DEPAN PANGGUNG DIBANGKU PANJANG(DINGKLIK)
    BEBERAPA WAKTU YL KAMI MASIH LIHAT LATIHAN BARONGSAI DI LAP BASKET DEPAN KLENTENG PARAKAN
    GIMANA SEKARANG
    DERNGAN ADANYA LARANGAN MEROKOK DI BEBERAPA DAERAH TENTUNYA PENGURANGAN TEMBAKAU TAK TERELAKKAN.
    SELAINM BISNIS TERSEBUT CINA(WARGA TIONG HWA) PARAKAN MAU MENGEMBANGKAN APA YA?

  7. aney Says:

    parakan tu kota kecil yg indah menurutku.. ia juga menyimpan sejuta pesona.. sebaiknya bangunan2 tempo dulunya jangan dirubuhkan,! sayang banget tuh.. cina town tu aset kota kita.
    g hanya di parakan sebnernya, tapi juga di daerah sekitar rolikuran ternyata skrang dh berubah lho pak, bu..
    wduh, bisa hancur dunia persilatan kalo gni!
    pemda temanggung sepertinya hrus cpt2 mbuat kebijakan pemolesan wajah kota yg sesuai dengan khazanah budaya kota kita tercinta…

  8. temanggungcity Says:

    Saya setuju dengan aney harusnya pemda pembuat perda tentang bangunan kuno dan pemilik hanya boleh merenovasi tanpa menghilangkan nilai seni bangunan lama.

  9. ilham fathi Says:

    Sama MAs Saya juga Bingung Kok pertama nya. tapi sejak di pabrik saya banyak orang dari Temanggung Khususnya dari STM Pembangunan. sekarang jd Pada Tahu….

  10. adimulya Says:

    saya tu… suka bangeeet… melihat bangunan bangunan kuno yang ada di daerah temanggung dan sekitarnya disamping dari segi disain terlihat artistik, namun juga segi budaya sangatlah menambah point tuk mempercantik sebuah kota…. saya suka banget tuh klo ada perda yang mengatur masalah bangunan kuno. sehingga tidak sewenang wenang dalam merenovasi bangunan demi untuk pertahankan keasliannya, bahkan bila perlu kalo membangun bangunan yang baru, bikin disain yang mirip dengan bangunan kuno…..

  11. temanggungcity Says:

    saya dukung 100%

  12. fuadi lkirom Says:

    mas agung, bagaimana saya punya ide kalau seandainya mas agung ngumpulin foto foto kuno/jadul,mungkin dengan cara dilombakan atau dengan cara lainnya agar bisa terkumpulfoto foto banyak, saya masih percaya dan yakin kalau di masyarakat kita masih ada tersimpan atau pada punya foto foto lama,foto tentang sekitar lingkungan atau foto foto kondisi jalan raya jaman dulu, moment moment peristiwa penting,bangunan rumah yang menggambarkan kultur kita, tempat ibadah,kebudayaan dll disekitar Temanggung dan sekitarnya. dengan demikian sehingga kita bisa mengenang dan melihat daerah kita pada masa lampau zaman dahulu .. thanks……

  13. temanggungcity Says:

    ide yang hebat mas fuadi, pasti masih banyak foto keluarga kadang temanggungan tempo doeloe yang menarik untuk di publikasikan.
    untuk lomba kita butuh teman – teman blogger temanggungan untuk berbagi. secara pribadi juga saya akan mengumpulkan dan menayangkan di blog ini.

  14. fuadi lkirom Says:

    sebetulnya bisa kok didaerah kita tuh ada semacam bangunan yang spesifik dilihat secara fisik atau sangat “kita banget” gitu loh, dan dijadikan sebagai IKON, dan dengan ikon itu gak perlu kita pertentangkan dari kultur budaya mana.seperti satu contoh di Semarang tuh LAWANGSEWU tuh dari kultur Eropa, namun sangatlah “semarang banget” yang jelas bangunan tuh dah beberapa abad yang lalu sehingga kultur itu mau gak mau dah memang kenyataan bagian dari kultur kita… begitu barangkali bisa jadi pertimbangan… thanx

  15. mutiara Says:

    seharusnya kota temanggung bisa menjadi kota wisata yang lebih baik dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.
    Tetapi kurang di dukung olh fasilitas” ttt, spt hotel yg baik fasilitas dan pelayananya dan tempat wisata yang dapat menarik perhatian wisatawan. contohnya: membuat kawasan wisata spt puncak dI jaBAR….! kita bisa kok membuatnya di daerah kaki gunug sindoro sumbing!
    ^_^


  16. Saya punya project berencana membuat film dengan latar belakang budaya Parakan Temanggung, tanggal 5 Agustus ini saya dan kru berencana untuk riset ke sana..

    kalo-kalo bisa membantu kami.. untuk kejelasan tentang project saya bisa mengikuti blog film saya di :
    “http://sangsakathemovie.blogspot.com/”

    terimakasi sebelumnya.. kami bener-bener butuh bantuan untuk mensukseskan project ini.. karena kami akan mengangkat nasionalisme dengan latar belakang budaya TiongHoa..

    Pandhu Adjisurya

  17. temanggungcity Says:

    penulis pernah membantu riset tesis tentang arsitektur kota parakan, coba mas pandhu bertanya pada komunitas tiong Hoa di Klenteng Parakan, untuk menemukan sumber pertama sepertinya sulit karena keturunan tiong Hoa di parakan adalah generasi kedua, setahu penulis warga tiong Hoa parakan adalah pendatang dari magelang dan semarang

  18. fuadi lkirom Says:

    mas Agung mohon kalau gak keberatan saya punya usul bagaimana kalau CHINA TOWN PARAKAN jadi Motto di dunia Pariwisata Temanggung sehingga diharapkan bisa menarik hati para Wisatawan domestik maupun manca, apalagi sering diadakan event event yang menarik yang berkaitan dengan kepariwisataan, akan lebih rakmai dan gayeng ….thanks

  19. eko prast Says:

    jadi ingat waktu maen2 di sekitar jln gambiran,,nonton bioskop dkt kampung demangan..
    kmpung kelahiran ku…tp syg,,skrg bioskopnya dah tutup….

  20. danank Says:

    thanx ud publikasi parakan. smg dgn diterbitkanya blog ini bs smkin membuka wawasan kota parakan.

  21. fuadi lkirom Says:

    kapan niiih pasar, dan terminal Parakan di banguuun?

  22. yoan Says:

    kota parakan adalah kota tersayang ku :(

  23. yoan Says:

    kota PARAKAN ADALAH KOTA TERSAYANG KU :)

  24. Sumarman,SP Says:

    kapan pasar parakan dibangun, dan jalan diperlebar, mendesak nih, sebelah pasar semrawut, jalan2 sempit dan rusak serta kotor, singkirkan pedagang2 liar disebelah timur pasar parakan bikin kotor, bau busuk

  25. Adis Says:

    Wah photo-photo Parakan tempo dulu kok nggak ada,gimana kalau kita kerjasama upload sebanyak banyaknya photo2 Parakan zaman dulu diunggah di web ini? Ad. Kauman Parakan.

  26. temanggungcity Says:

    Setuju mas, saya tunggu kiriman fotonya

  27. Adis Says:

    yang bisa upload photo di web ini kan yang punya web. Masak saya bisa upload tanpa tahu paswordnya web ini. Kapan kapan aja kalau kita bisa ketemu darat, kita bisa ngomong bareng. saya dekat aja kok, saya di karang tengah.http//.www.santrilirboyo.wordpress.com

  28. temanggungcity Says:

    mas adis bisa kirim via email di biantoro1978@gmail.com
    pasti akan saya tayangkan, thank

  29. Muh chayat Says:

    Temanggung kota tani yg kaya,lihat aja patung pak tani dialun-alun pakaiannya emas.Pa lagi warganya jadi petani berdasi semua’DIDUKUNG STM PERTANIAN TAMBAH JOSS DEH’.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: