Tembakau Temanggung

September 19, 2008

Kalau Berbicara Tembakau pasti Temanggung Tempatnya.
masih ingat Tembakau srintil yang ada di bungkus rokok Jarum 76 ?
itu merupakan tembakau kelas satu yang hidup di dataran tinggi Kabupaten Temanggung Jawa Tengah.
Harga 1 kg tembakau srintil bisa mencapai 500 ribu rupiah.
tapi tidak semua petani bisa mendapatkan tembakau terbaik itu karena tempat, tanah olahan dan faktor cuaca terbaik membuat tanaman ini bisa di disebut srintil. kata orang Temanggung ketiban pulung (rejeki)
ada cerita petani kalau pergi ke ladang membawa mobil keluaran terbaru dan kulkas buat menyimpan pakaian hehehe karena di temanggung sudah dingin, kalau ke pasar ngga mau beli yang murah harus mahal ngga pake nawar lagi. itulah cerita nyata yang terekam di masyarakat pada masa kejayaan tembakau Temanggung.
tembakau Temanggung merupakan tembakau terbaik di Indonesia karena itu banyak Pabrik Rokok yang membuat gudang-gudang tembakau di Temanggung anatara lain PT.JARUM, PT.GUDANG GARAM, PT.BENTOEL.
kata ahli pembuat rokok bahwa sebatang rokok tanpa kandungan tembakau Temanggung di dalamnya tidak akan menjadi rokok yang mantap.
itu terbukti dulu para tengkulak membeli tembakau dari daerah yang jauh seperti Bojonegoro Jawa Timur dan di bawa ke Temanggung dan dimasak (campur) seperti Tembakau Temanggung dan di jual dengan harga yang lebih mahal.
tetapi sekarang tembakau luar Temanggung di larang masuk karena merugikan petani Temanggung dan menghancurkan Harga Pasar Tembakau.
Tembakau Temanggung mempunyai kadar nikotin yang tinggi (membuat rasa rokok menjadi mantap) di bandingkan Tembakau di daerah lainnya di Indonesia. pada Pemerintahan Presiden BJ.Habibie, petani Temanggung melakukan demo di Jakarta membahas tentang Pajak Rokok tinggi untuk rokok dengan kandungan Tar dan Nikotin tinggi, hal tersebut berimbas pada harga Jual Tembakau Temanggung menurun.
Kini Tembakau Temanggung bukan seperti dulu, harga yang tidak tetap setiap tahun membuat petani berpikir dan berpikir meneruskan warisan Tembakau Temanggung.Masihkan Tembakau menjadi Komoditas Pertanian pertama di Kabupaten Temanggung……

About these ads

21 Responses to “Tembakau Temanggung”

  1. cah Gemoh-Butuh di jogja Says:

    sebenarnya ada kebanggan khusus yang terpatri dalam hati tentang temanggung termasuk tembakaunya

    akan tetapi, masih ada keraguan tentang pemanfaatan tembakau
    Sebagai orang yang mengerti medis maka tembakau sebagai bahan pembuat rokok menjadi sebuah dilema. Jika fatwa haram rokok itu dijalankan betapa lumpuhnya perekonomian Temanggung. Aku bingung. Seandainya saja ada riset yang menemukan fungsi tembakau sebagai pembuat selain rokok (yang tidak merugikan) tetapi nilai manfaat ekonomisnya seperti rokok. Nah, itulah tugas kita, sebagai kaum muda.

    Sebagai langkah bijaksana, untuk menengahi masalah fatwa haram rokok, maka harus diatur pemakaian rokoknya. maksudnya konsumsi rokok diatur tempatnya gitu.

  2. jay arrfin Says:

    tembakau yg mrpkn andalan pddk temanggung apakah akan tinggal cerita sj,sebab byk faktor yg akan menghentikan penanaman tembakau didaerah tsb khususnya,& daerah lain di indo pd umumnya,krn peringatan dr badan dunia WHO,jg fatwa haram dari MUI? walau realisasi kebij tsb msh perlu proses yg pjg,krn disatu sisi komoditas tembakau mrpkn salah satu penyumbang devisa neg dr sektor non migas,..

  3. temanggungcity Says:

    merubah pola tanam masyarakat temanggung dalam pertanian sepertinya butuh waktu dan sepertinya untuk tembakau adalah komoditas utama selain padi

  4. burhan Says:

    bos m2f sebelumnya aku anak temanggung tepatnya di tretep
    aku mnta tlong dong cantumin juga data jumlah petani tembakau, jumlah hasil panen per tahun, dan juga pendapatan perkapita penddk TMG pertahunnya!!!!!!
    tlong bos kirimin ke email ku

  5. temanggungcity Says:

    mas burhan burhan bisa akses temanggung dalam angka di (temanggungkab.go.id)

  6. JOGOREKSO COMMUNITY Says:

    1 bulan lg harapan petani tembakau di uji ,mau berhasil atau gulung tikar lagi dan hanya menagis,banyak musuh petani tembakau tetap semangat dan tak gentar ,mudah- mudahan ,tuhan menjadikan tembakau temanggung menjadi komuditi lain selain rokok ,ya siapa tau jadi kripik tembakau atau enzim aids,ya semoga ,,,,,,,,,,terimakasih

  7. afandi Says:

    bulan ini adalah sudah mulai musim panen tembakau semoga panennya melimpah dan harganya bisa diandalkan,bagi para petani tembakau,sukses ya,, dan tetap semangat,karena ini adalah tanaman andalan petani temanggung,,,untuk kedepanya kalau memang tembakau dilarang,,pemkab harus mencari solusinya tanaman yang cocok untuk daerah temanggung,dan yang bisa menghasilkan lebih dari tembakau itu sendiri,,,,thanks,,,

  8. tommy Says:

    Just thanks for PT.GUDANG GARAM Tbk, Kediri. Jika tdk ada engkau disana gimana nasib rakyat temanggung. Tapi kenapa
    engkau membeli hasil bumi kami tdk melalui darah pribumi. Kapan donk ak bisa menjual tembakauku langsung ketanganmu…. hehehe………. semoga kamu tambah sukses aja…….. nasib km ditanganmu…………………………………………

  9. muklis Says:

    srintil . . .
    nama yg cukup sexy buat ‘seorang’ tembakau . pntas aj rasanya legit kgak bs di bndingin dg ‘srintil-srintil’ yg lain.
    btw klo di tanem di ‘dukuh paruk’ bs lestari kagak ya ?
    he he he he he
    (jd inget sama kang tohari nih)
    Hidup Indonesia !

  10. joko Says:

    tembakau temanggung memang bikin perekonomian di kotanya jadi lancir

  11. wunut wonotirto Says:

    khusus petani tembakau didesa wunut wonotirto muda2an allah memberi hasil panen yg bagus anak wunut yg ada dijakarta salam semuanya….

  12. rio Says:

    hay syapa yg mau liat cara tanam tembako kini waktunya hampir d mulai m lokasi lereng sindoro tuksari..

  13. inayah Says:

    tembakau, oh temabakau.. tanpa kau ayahku g bakalan bisa kuliahin aku,
    tembakau, oh tembakau.. kau tak hanya bernilai ekonomis tapi juga sosial dan kultural. sejarah petani temanggung bahkan kabupaten temanggung sendiri boleh lah kita tulis sebagai sejarah pertembakauan,
    kalo jenengan2 mrisani di di prasasti gedung DPRD Temanggung ada tulisan yang berbunyi begini: “Gedung DPRD Kabupaten Temanggung Dibangun Dengan Biaya dari dana PADS dan Sumbangan dari Masyarakat Pertembakauan Kabupaten Dati II Temanggung”
    buat yang merasa pesimis akan nasib petani, jangan khawatir, petani tembakau sudah bersatu padu memperjuangkan nasib mereka, ada paguyuban2 petani, ada juga asosiasi petani temabakau indonesia (APTI).. petani yang selama ini voiceless n powerless ternyata sudah pandai dan berani mas, mbk.. :) kita lihat saja akankah pemerintah rela kehilangan cukai rokok yang bgitu besar, gudang2 gag bakaln tutup cuma karena fatwa haram, FCTC, ashtray award, RUU PDPTTK ke laut aja lah,, kasian bapak saya..
    sadar kuliah dengan tembakau, sampai2 skripsi sayapun tentang petani tembakau. hidup petani tembakau!! hidup temanggung!!!

  14. zaeny Says:

    mudah mudahan tembakau temanggung lebih baek lagi.untuk para pembuat fatwa,terimakasih atas omong kosongnya.

  15. bambang israwan Says:

    Nyong iki wong kowangan sing glidik nang gresik, yen pas prei mulih nang tmg mesti sangu sepeda gn. Konco2 sing seneng pit2an yen prei lan mulih tmg ayo kumpul bareng ngepit nang ngalamuk. Bolak balik nyong nang sumbing mung arep ndelok sing podo nandur mbako, karo ngambu gondone rabuk tletong. Kontak nyong yo prrrreeeeen nang FB q. Thx.

  16. nir Says:

    gua dah lama gak tengok2 temanggungng,sampai dimana perkembangannya ya?maklum gua terlalu sibuk di magelang sini,padahal dekat juga sih kalau naik motor dari tempatku kerja ke tanah kelahiranku?

  17. bambang Says:

    wow… pemandangannya bagus,
    enak untuk refreshing :)

  18. Rege Says:

    Tembakau Temanggung no 1 d Indonesia bahkan d dunia sekalipun…semoga tahun ini petani tembakau d temanggung sukses.amin

  19. iimezz Says:

    aq cari anak”miman.santy.gatot.tanto.erin jepri.agung.dwi cmpe.di pingit ngebong.temanggung


  20. AKU IKI CAH TEMANGGUNG SEMONDO,MONDORETNO MBURI GUDANG GARAM MONDORETNO,,,MELU KERJO MBANGUN GUDANG SING DANUPAYAN DADI BURUH SURVEY UKUR2X LANTAI LAN LIO LIANE,,,TAPI YEN GUDANG DADI MUGO2X AKU YO BISO MELU KERJO,SING CEPAK UMAH DADI YO BISO SIAP LEMBUR SETIAP SAAT DIBUTUHKAN GUDANG GARAM YEN GUDANGE WES BEROPERASI ,,AKU KAN YO MELU MBANGUN..SAIKI GEK UKUR2X PONDASI SLUP CALON GUDANG ANYAR SING MBURI..GEK ON LINE SAIKI TGL 10 MALAH JEBULE TELATE LAMARAN TGL 9,,YEN AKU RAKETOMPO KERJO NG GUDANG YO KEBANGETEN THO YO..WONG AKU YO MELU BURUH PROYEKE JHE..AKU TUR YO PINTER ITUNG2X & NGERTI MBAKO..WONG AKU DEWE YO TANI MBAKO,SING NUKU MBAKOKU YO GUDANG GARAM,UDUDKU YO GUDANG GARAM…MOHON PIHAK GUDANG GARAM JUGA BISA MEMPEKERJAKAN AKU GITU,IJAZAHKU STM PEMBANGUNAN YOGYAKARTA 2002 TEHKNIK CIVIL.


  21. Putri Sindoro
    pye kie,,,rego tmbako taun iki jyaaannnn mringis,,,,, mending taun wingi gg usah d pol2ke,,,,saiki dadi entek regane……


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: