Pariwisata di Temanggung

September 17, 2008

Temanggung sebenarnya mempunyai kawasan yang potensial menjadi tempat industri wisata yang bisa di perhitungkan. Banyak titik yang potensial yang sudah ada seperti Kawasan Pingit, Kledung, Jumprit, Pikatan dan masih banyak tempat lain yang seharusnya bisa menjadi pendapatan daerah di sektor wisata. Tempat-tempat itu bukan tidak pernah di perbincangkan di tingkat elit oleh pemerintah Kabupaten Temanggung tapi sudah menjadi prioritas Pembangunan Kabupaten Temanggung. Tapi kenapa kawasan itu tidak menjadi berkembang dan tidak ada hasil berupa naiknya pendapatan dari sektor wisata. Input dan output yang didapat tidak sama. Adakah kesalahan dalam perencanaan dan pembangunan di Temanggung ? Jawabanya mungkin tidak. Kalau kita lihat pembangunan di Kabupaten Temanggung seperti Wisata Pingit yang sekarang menjadi monumen dan terbengkalai. Atau Kolam Renang Pikatan yang hanya DED perencanaan tanpa ada pelaksanaan dalam setiap tahunnya. Berapa jutaan rupiah yang telah kita keluarkan?
Menciptakankan Kawasan Wisata Bukan Suatu hal yang mudah selain ada Icon history wisata itu sendiri tetapi juga Kawasan Itu memang mempunyai nilai jual tinggi dan pasti Anggaran yang besar untuk Pembangunan Kawasan Wisata. Bappeda Kabupaten Temanggung merupakan Badan Perencanaan Daerah yang harus bisa melaksanakan Pekerjaan Besar ini dan Dinas yang terkait lainnya.
Mendatangkan Investor bukan hal yang mudah untuk mau beresiko dengan pekerjaan besar ini banyak tempat lain di Jawa Tengah dan lebih menjanjikan. Seharusnya kita sendiri mencoba mengembangkan dengan Anggaran APBD Temanggung yang terbatas. Pembangunan yang berkelanjutan adalah solusinya. Jangan membangun setengah –setengah dan selanjutnya berhenti. Perencanaan yang sudah baik akan bubar jalan, yang terjadi adalah mulai dari nol lagi, dan Bapak Dewan yang terhormat dan Bapak Bupati Temanggung harus optimis demi kemajuan Kabupaten Temanggung
Kita bisa menghitung keuntungan obyek wisata yang sudah berkembang dengan pendapatan puluhan juta rupiah setiap harinya bayangkan pengunjung mau membayar Rp.25.000,- sampai Rp.100.000,- untuk tiket masuk wisata. Apakah mereka dirugikan? Tidak dengan fasilitas yang ada mereka mengatakan puas. Fasilitas itu merupakan bagian yang dalam pembangunan tempat wisata. Saya ambil contoh Tempat wisata di Purbalingga coba anda bayangkan Kolam renang saja sudah ada Fasilitas Hotspot Internet gratis. Itu mungkin tidak terpikirkan tapi dalam wisata keluarga itu ada nilai Plus.
Kita bisa menghitung berapa perencanaan dan pembangunan untuk menciptakan Tempat wisata tersebut dan semua fasilitasnya. Kalau kita bisa menciptakan suatu Kawasan Wisata yang diperhitungkan maka Investor akan sendirinya datang ke Kabupaten Temanggung.
Dari pengamatan penulis sektor wisata adalah sektor kedua selain pertanian yang paling bisa kita kembangkan.
Bagaimana Pak?

About these ads

23 Responses to “Pariwisata di Temanggung”

  1. fuadi lkirom Says:

    bicara masalah pariwisata di kabupaten Temanggung, sebetulnya PARAKAN posisinya lebih strategis, karena di segitiga jalur penting. dan berpotensi untuk mengembangkan pariwisata dengan leluasa. bisa kok dibangun misal rest area, swiming pool, atau ruang publik untuk tamasya keluarga, dufan, atau wisata yang berwawasan pendidikan, dll. banyak sebetulnya yang bisa ditawarkan…

  2. mas slamet Says:

    pariwisata..? knapa kita ga ngembangin ecotourism aja yang lebih murah dan ramah terhadap alam dan budaya masyarakat lokal, daripada harus ngembangin mass tourism yang biaya dan dampaknya lebih besar daridapa hasilnya, apalagi sekarang wisatawan dah mulai beralih orientasi ke alam,apalagi wisatawan eropa yang belum begitu banyak, dan merupakan pasar potensial..tinggal kitanya aja yang perlu sedikit berkorban dengan mengadakan sedikit promosi……..temanggung cocok kok buat wisata lingkungan….


  3. jaga kebersihan temanggung
    budayakan hidup bersih masyarakat temanggung
    kunci menuju kota wisata……..

  4. ferry kandangan Says:

    aku dadi pingin balik kampung.
    kelingan teamanggung.


  5. temanggung slalu bersenyum

  6. arief Says:

    Kenapa Temanggungku, kota kecil adem ayem…sekian tahun kukenang tapi seperti sulit berkembang… ada apa? kalau kita kupas lebih dalam, permalsahan kota temanggung masih banyak, entah kenapa kota temanggung sepertinya sulit berkembang?! apakah kecilnya PAD atau tidak pedulinya para eksekutif. dimanapun apabila suatu daerah tidak benar maka yang salah pasti pemerintahannya. Kita tdk bisa menyalahkan kecilnya PAD, karena semua terkait. Ada gambaran : scr umum perekonomian temanggung statis. APakah pemerintah tidak pernah berpikir meningkatkan sektor-sektor lain. Wisata? Salahsatunya. namun tidak ada tolokukur yang jelas, karena tidak ada konsep dasar yang memegang.

  7. endro cahyo Says:

    ngomong2 soal pariwisata, ak pny ide yg lumayan mak nyus… 1. dukung hobi ank2 muda temanggung (yg positiv) spt : fotografi, skaters, bmx,videografi dll… 2. bangun 1 tempat (di lokasi yg strategis (tapi jgn daerah konflik)) yg nyediain sesuatu yg khas temanggung cnth ne : misal biki pasar isiya jualan makan khas temanggung, kerajinan tangan temanggung… 3. bikin inovasi (ex : photographic adventure, temanggung lounge & cafe, tempat nongkrong yg asik) 4 kalo rencana pembangunan k 2 dan k 3 dah jadi, sediain fasilitas yg paling ga cukup lah di tempat wisata. 5. yg palig penting bisa ato ngga-nya lokasi wisata di temanggung t buat d kujungin (mslh jalan rusak etc) kan ga lucu kalo ada wisatawan dateng trus nangis2 gara2 jalany rusak…

  8. roni Says:

    ngomong2 soal temanggung aq jadi pengen pulang nich,,,pokoknya temanggung kota yang menyenangkan.
    mas kapan2 abadikan keadaan ds.paponan kledung dung..lama nich dah gk pulang kampung…thank’s..

  9. temanggungcity Says:

    saya sering melakukan perjalanan di paponan nanti saya buat tulisan spesial buat anda

  10. asa Says:

    hai
    assalamualaikum

  11. deasy Says:

    temanggung itu bersih tp knp pariwisatanya sepi??
    ayo donk bangun desa wisata biar tmbah menarik,ditunggu ya!

  12. JOGO REKSO COMMUNITY Says:

    JOGO REKSO COMMUNITY MULAI BERGERAK ,KOMunitas pencinta alam yang benar benar mencintai alam bukan pencinta alam yang hanya meninggalkan sampah dan coretan tak berguna di gunung kami,mohon dukungannya untuk membuat sindoro dan sumbing ceria dan hijau lg seperti 15 tahun yang lalu………., JOGO REKSO COMMUNITY BERMIMPI INGIN mengabungkan seluruh pencinta alam di Temanggung,JOGO REKSO COMMUNITY adalah perkumpulan pencinta alam lembah sindoro dan sumbing di lereng KLEDUNG,Terimakasih

  13. jendul irawan Says:

    saya juga sedang merintis untuk membuat Kledung sebagai tempat wisata dengan Konsep rest area dan ekowisata.
    semoga pemda mendukung !

  14. Noordin M Top Says:

    Aku disini sembunyi dari Grebekan Densus 88…
    Hahahahahaha

  15. sudarsono Says:

    potensi wisata Temanggung sih oke, hanya perlu pengembangan. Setelah pemandian Mudal/Pikatan di up grade menjadi water park – is oke!!! Hanya perlu pengembangan antara kawasan masuk Temanggung dari arah Magelang dan ke arah Wonosobo, ini akan menarik karena jalan ini ke depan akan selalu rame. Perlu juga dibangun kawasan resort yang menarik untuk liburan atau raker, konperensi, seminar etc toh hawanya yang dingin ikut mendukung untuk tujuan itu, ini hanya menunggu investor yang diberi kemudahan oleh Pemkab Tmg untuk pengembangan ini. Majulah Temanggung ku, jangan tanggung-tanggung untuk itu, karena kata orang di Temanggung itu serba tanggung sesuai dengan nama daerahnya.

  16. tyo Says:

    kami JOGO REKSO COMMUNITY alahamdulillah kami tadi melakukan kegitan penghijauan lingkungan, dengan menanam pohon di sepanjang jalan desa kami, dan rencana kami untk selanjutnya adalah menghijaukan kawasan sindoro sumbing yang sudah menjadi prioritas kami, namun kami membutuhkan kerja sama semua elemen masyarakat dibawah lereng sindoro sumbing, dan khususnya pemkab temanggung,gimana kira2 pemkab temanggung punya rencana untuk menghijaukan kembali sindoro……tak tunggu kabar baeknyaaa,ok ya Pak Bupati

  17. denok cah te em ge Says:

    temanggung……i love u full

  18. suciyono Says:

    saya yakin temanggung bisa maju asalkan ada komitmen yang pasti dari pemerintah terkait…. buktinya banyak daerah yang seharusnya bisa dijadikan obyek wisata…contoh curuk lawe di gemawang tu punya potensi yang luar biasa tinggal gimana kita dan pemerintah mempromosikanya dan mendukung aspek transportasinya….. mudah2an pemerintah sudah mengetahui hal ini tinggal kita menunggu hasilnya agar temanggung yang kecil ni maju dari semua aspek …..amiiiin jaya slalu temanngungku?

  19. cecep Says:

    Temanggung…. I’m coming… (thank’s Allah SWT atas kesempatan mengabdi di Kab Temanggung)


  20. makasih infonya mas agung,

  21. Yuli Says:

    Untuk pertama kalinya saya akan mengunjungi Bude di Temanggung. Saya harap saya tidak kesulitan untuk menemukan dan menikmati keindahan alam di Temanggung. Saya harap juga bisa mengetahui alamat dan no telp penginapan/hotel di Temanggung. Trims.. :)

  22. handono Says:

    kangen kampung oei….. cah temanggung(pampang) sek lg mrantau neng batam

  23. jeam abdi firmani Says:


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: